Penggunaan Alat Permainan Edukatif Tradisional(APET) Dalam Mengembangkan Motorik Anak Kelompok A Di Raudlatul Athfal Miftahul Ulum Ampo Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

TATIK, HAR (2019) Penggunaan Alat Permainan Edukatif Tradisional(APET) Dalam Mengembangkan Motorik Anak Kelompok A Di Raudlatul Athfal Miftahul Ulum Ampo Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
HARTATIK_T201511096.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Alat Permainan Edukatif Tradisional (APET) adalah suatu permainan warisan dari nenek moyang yang wajib dan perlu di lestarikan karena mengandung nilai-nilai kearifan lokal. Melalui permainan tradisional, kita dapat mengasah berbagai aspek perkembangan anak salah satunya perkembangan Motorik kasar dan motorik halus pada anak. Permainan adalah salah satu bentuk aktifitas sosial yang dominan pada awal masa kanak-kanak. Melalui permainan tradisional engklek dan kegiatan Menganyam diharapkan keterampilan motorik kasar dan motorik halua anak dapat berkembang, Fokus penelitian ini adalah:1) Bagaimana penggunaan Alat Permainan Edukatif Tradisional (APET) dalam mengembangkan motorik kasar anak kelompok A di RA Miftahul Ulum Ampo Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?, 2) Bagaimana penggunaan Alat Permainan Edukatif Tradisional (APET) dalam mengembangkan motorik halus anak kelompok A di RA Miftahul Ulum Ampo Dukuh Mencek Sukoranbi Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penggunaan Alat Permainan Edukatif Tradisional (APET) dalam mengembangkan motorik kasar anak kelompok A di RA Miftahul Ulum Ampo Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2)Mendikripsikan penggunaan Alat Permainan Edukatif Tradisional (APET) dalam mengembangkan motorik halus anak kelompok A di RA Miftahul Ulum Ampo Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deksriptif. Metode pengumpulan data meliputi : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil dari penelitian ini adalah:1) Penggunaan APET dalam mengembangkan mototik kasar melalui permainan Engklek dan Engrang batok dapat mengembangkan motorik kasar pada anak 2) Penggunaan APET dalam mengembangkan motorik halus pada anak melalui permainan Menganyam daun pisang, membuat mahkota daun nangka dan membuat ular-ularan dari janur dapat mengembangkan motorik halus pada anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:52
Last Modified: 02 Nov 2022 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14379

Actions (login required)

View Item View Item