Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Permainan Tradisional Kelereng Anak Kelompok A Di Raudhatul Athfal Amanah Lil’Alamin Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Hasanah, Lailatul (2019) Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Permainan Tradisional Kelereng Anak Kelompok A Di Raudhatul Athfal Amanah Lil’Alamin Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Lailatul Hasanah_T201511091.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan motorik halus merupakan gerakan yang hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu yang dilakukan oleh otot-otot kecil seperti menggunakan jari-jemari tangan dan pergelangan tangan secara tepat. Kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di lembaga Raudhatul Athfal Amanah Lil ‘Alamin masih belum berkembang dengan baik. Kemampuan anak dalam mengontrol gerakan tangan yang menggunakan otot halus seperti menjiplak bentuk dan mewarnai perlu distimulasi dengan kegiatan yang menarik dan menyenangkan agar lebih optimal. Kemampuan motorik halus anak dapat dikembangkan melalui bermain, karena dengan bermain anak dapat mengembangkan berbagai aspek yang ada pada dirinya. Salah satu kegiatan bermain yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak adalah permainan tradisional kelereng yang saat ini berada di ambang kepunahan. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana meningkatkan kemampuan motorik halus melalui permainan tradisional kelereng anak kelompok A di Raudhatul Athafal Amanah Lil’Alamin Kaliwates Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana permainan tradisional kelereng dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A di Raudhatul Athfal Amanah Lil’Alamin Kaliwates Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) Observasi partisipasif, 2) Wawancara semiterstruktur, dan 3) Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara interaktif model Miles, Huberman dan Saldana dengan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penyajian data yang dilanjutkan dengan analisis disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional kelereng pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Amanah Lil’Alamin Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terlihat saat anak semakin terampil dalam menggerakkan jari-jari tangannya, seperti dapat memegang kelereng dengan cara menempatkan di jari-jari tangannya, memasukkan kelereng dalam lubang dan dapat menyentil kelereng dengan cara membidik, serta berpengaruh pada daya konsentrasi anak yang semakin fokus dalam melakukan gerakan motorik halus lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:52
Last Modified: 02 Nov 2022 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14383

Actions (login required)

View Item View Item