Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa pada Siswa Kelompok B di Raudhatul Athfal (Ra) Al-Falah Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember

Alhomsi, Zainul Laila (2019) Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa pada Siswa Kelompok B di Raudhatul Athfal (Ra) Al-Falah Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Zainul Laila Alhomsi_T201511006.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), khususnya di Taman Kanakkanak sebagai salah satu bentuk layanan pendidikan yang perlu diperhatikan. Hal ini sesuai dengan UU No. 20 BAB I, pasal 1 Butir 14 yaitu: pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditunjukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada siswa kelompok B di Raudhatul Athfal (RA) Al-Falah Wirowongso kecamatan Ajung kabupaten Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada siswa kelompok B di Raudhatul Athfal (RA) ALFalah Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? 3) Bagaimana evaluasi metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada siswa kelompok B di Raudhatul Athfal (RA) Al-Falah Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? Adapun tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada Siswa. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada siswa. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada siswa. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian field research. Penentuan subjek penelitian menggunakan tehnik purposive. Sementara pengumpulan data menggunakan tiga tehnik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data, penelitian ini menggunakan analisi data deskriptif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan peningkatan ketekunan, trianggulasi, dan menggunakan bahan refrensi buku. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa dengan menyusun RRPH, bahan ajar (materi), metode pembelajaran, prosedur penggunaan metode. 2) pelaksanaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa dengan metode bercerita dan bernyanyi, menerangkan materi, strategi pembelajaran. 3) evaluasi metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan bahasa dengan tebak gambar, mewarnai, menyebutkan nama-nama organ tubuh, hafalan lagu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:52
Last Modified: 02 Nov 2022 01:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14384

Actions (login required)

View Item View Item