Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Mengembangkan Kecerdasan Matematis-Logis Pada Anak Kelompok B RA Nurur Rohman Tegal Waru Mayang Jember Tahun Pelajaran 2018-2019

HASANAH, SAYIDATUL (2019) Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Mengembangkan Kecerdasan Matematis-Logis Pada Anak Kelompok B RA Nurur Rohman Tegal Waru Mayang Jember Tahun Pelajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SAYIDATUL HASANAH_T201511010.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Setiap anak memiliki beberapa kecerdasan yang berbeda-beda, salah satunya yaitu kecerdasan matematis logis, tujuan utama dalam pengembangan pembelajaran matematika untuk anak pada hakikatnya adalah untuk menstimulasi berfikir anak agar memiliki kesiapan dalam belajar matematika pada tahap selanjutnya, Metode bernyanyi merupakan metode yang sangat disukai peserta didik serta mampu membuat peserta didik tidak bosan dalam dalam pembelajaran matematika. Walaupun masih banyak opini masyarakat yang menganggap bahwa bernyanyi adalah suatu kegiatan yang tidak menguntungkan bagi anak. Penentuan tempat penelitian didasarkan pada: 1) Delapan puluh persen peserta didik RA Nurur Rohman mampu bersosialisasi dengan orang lain dengan baik. 2) Berani tampil di depan umum, sering mengikuti ajang kompetisi, seperti lomba bernyanyi, tari, fashion show, tartil, surat- surat pendek, bacaan sholat. 3) Guru menerapkan metode bernyanyi pada setiap pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode bernyanyi dalam mengembangkan kecerdasan matematis-logis pada anak kelompok B RA. Nurur Rohman, Tegal Waru, Mayang , Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan metode bernyanyi dalam mengembangkan kecerdasan matematis-logis pada anak kelompok B RA. Nurur Rohman, Tegal Waru, Mayang, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana evaluasi metode bernyanyi dalam mengembangkan kecerdasan matematis-logis pada anak kelompok B RA. Nurur Rohman, Tegal Waru, Mayang, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini meliputi 1) Mendeskripsikan perencanaan metode bernyanyi dalam mengembangkan kecerdasan matematis-logis pada anak kelompok B RA. Nurur Rohman, Tegal Waru, Mayang, Jember tahun pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode bernyanyi dalam mengembangkan kecerdasan matematis-logis pada anak kelompok B RA. Nurur Rohman, Tegal Waru, Mayang, Jember tahun pelajaran 2018/2019. 3) Mendeskripsikan evaluasi metode bernyanyi dalam mengembangkan kecerdasan matematis-logis pada anak kelompok B RA. Nurur Rohman, Tegal Waru, Mayang, Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive, Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisis deskriptif Miles and Huberman , yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Beradasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain: 1) Perencanaan metode bernyanyi dalam mengembangkan kecerdasan matematis-logis di kelompok B tercantum dalam RPPM dan RPPH, metode bernyanyi ditentukan menyesuaikan dengan tema pembelajaran serta mencantunkan nyanyian yang hendak dinyanyikan tentunya juga sesuai dengan tema pembelajaran serta media yang digunakanpun sesuai tema pembelajaran. Selain itu guru harus memahami tujuan yang hendak di capai dalam bernyanyi. 2) Pelaksanaan metode bernyanyi dalam mengembangkan kecerdasan matematislogis di kelompok B juga mengacu pada perencanaan pembelajaran yaitu RPPM dan RPPH yang memcantumkan metode pembelajaran yang hendak dilaksanakan. Baik pada kegiatan awal, kegiatan inti maupun kegiatan penutup. Guru Melaksanakan metode bernyanyi sesuai kondisi dan keinginan yang dianggap kondusif seperti bernyanyi sambil duduk melingkar, atau berdiri melingkar sambil menggerakkan tubuh. Atau dilakukan sesuai keinginan peserta didik. 3) Evaluasi metode bernyanyi dalam mengembangkan kecerdasan matematis-logis di kelompok B dilakukan melalui pengamatan yang dilakukan oleh guru selama pembelajaran berlangsung. sesuai dengan teknik penilaian yang telah direncanakan guru dalam RPPH diantaranya menggunakan teknik observasi. Guru mengamati perasaan peserta didik ketika bernyanyi, keaktifan peserta didik dalam bernyanyi serta ekspresi peserta didik terhadap isi nyanyian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:34
Last Modified: 02 Nov 2022 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14386

Actions (login required)

View Item View Item