Penerapan Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Tri Sulani, Soniya (2019) Penerapan Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Soniya Tri Sulani_T20151112.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Penilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses, dan keluaran (output) pembelajaran, baik itu meliputi ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Karena penilaian semacam ini mampu menggambarkan peningkatan hasil belajar peserta didik, baik dalam mengobservasi, menalar, mencoba, dan membangun jejaring. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Penerapan Teknik dan Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020? (2) Bagaimana Penerapan Teknik dan Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020? (3) Bagaimana Penerapan Teknik dan Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan tentang Penerapan teknik dan instrumen Penilaian Kompetensi Sikap, Penilaian Kompetensi Pengetahuan, dan Penilaian Kompetensi Keterampilan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara bebas terpimpin, observasi, partisipasi pasif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan, antara lain bahwa guru melaksanakan penilaian autentik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti yang mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian kompetensi sikap dilaksanakan melalui teknik observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan penilaian jurnal. Penilaian kompetensi pengetahuan dilaksanakan melalui teknik tes tertulis, tes lisan,dan penugasan. Penilaian kompetensi keterampilan dilaksanakan melalui teknik penilaian unjuk kerja, penilaian projek, penilaian produk, dan penilaian portofolio. Dalam penerapan penilaian autentik yang meliputi ranah sikap, pengetahuan serta keterampilan telah dilaksanakan dan diterapkan dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:34
Last Modified: 02 Nov 2022 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14387

Actions (login required)

View Item View Item