Strategi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Kunjung Masyarakat Di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jember.

MULIYANI, IRANA (2019) Strategi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Kunjung Masyarakat Di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
IRANA MULIYANI_T20153072.pdf - Submitted Version

Download (12MB)

Abstract

Minat kunjung masyarakat terhadap perpustakaan sangat rendah karena kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya membaca tentunya perpustakaan harus memiliki strategi dalam meningkatkan minat kunjung masyarakat. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jember yang menjadi pusat perpustakaan di Jember. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung masyarakat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jember?, 2) Bagaimana strategi pengelolaan sarana dan prasarana perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung masyarakat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jember?, 3) Bagaimana strategi promosi perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung masyarakat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan strategi pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung masyarakat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan sarana dan prasarana perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung masyarakat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jember. 3) Untuk mendeskripsikan strategi promosi perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung masyarakat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi, sedangkan untuk menentukan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan, yaitu : 1) Strategi pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung masyarakat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jember yaitu pelayanan prima yang diberikan perpustakaan kepada pengunjung dapat mempengaruhi minat kunjung serta minat baca pengunjung. Dengan pelayanan prima yang terus dilakukan dapat meningkatkan minat kunjung masyarakat untuk membaca dan mencari bahan koleksi yang dibutuhkan. 2) Strategi pengelolaan sarana dan prasarana perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung masyarakat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jember yaitu dengan meningkatkan fasilitas yang dibutuhkan pengunjung sehingga mampu menggugah dan menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan daerah. Penambahan fasilitas terus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat. 3) Strategi promosi perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung masyarakat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jember yaitu dengan pelayanan yang baik, peningkatan fasilitas, dan kerjasama dengan sekolah serta lembaga masyarakat sehingga perpustakaan dapat semakin dikenal layanan dan manfaat yang diberikan perputakaan untuk masyarakat luas. Dengan hal itu maka dapat meningkatkan minat kunjung masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:34
Last Modified: 02 Nov 2022 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14389

Actions (login required)

View Item View Item