Program Madrasah Diniyah Dalam Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri Manbaul Falah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020

tuzzahro, Fatima (2019) Program Madrasah Diniyah Dalam Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri Manbaul Falah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Fatimatuzzahro_T20151004.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Negeri Manbaul Falah merupakan salah satu sekolah yang menyelenggarakan program madrasah diniyah. Program madrasah diniyah di SMP Negeri Manbaul Falah ini diwajibkan bagi seluruh siswa, baik siswa laki-laki dan perempuan. Pada dasarnya program madrasah diniyah diwajibkan karena mengacu pada visi sekolah tersebut dan Peraturan Bupati no. 54 tahun 2017, dengan demikian tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan ketakwaan siswa dan meningkatkan pengetahuan Agama Islam. Fokus Penilitian ini yaitu: a) Bagaimana perencanaan program madrasah diniyah dalam peningkatan kualitas mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Manbaul Falah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020?, b) Bagaimana pelaksanaan program madrasah diniyah dalam peningkatan kualitas mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Manbaul Falah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020?, c) Bagaimana evaluasi program madrasah diniyah dalam peningkatan kualitas mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Manbaul Falah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program madrasah diniyah dalam peningkatan kualitas mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Manbaul Falah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di Sekolah Menengah Pertama Negeri Manbaul Falah. Penentuan informan menggunakan: Purposive, Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa a) Perencanaan program madrasah diniyah di SMP Negeri Manbaul Falah bahwa tujuan pembelajaran madrasah diniyah mengacu pada visi sekolah dan Peraturan Bupati no. 54 tahun 2017, untuk jenis kegiatannya yaitu kajian agama yang materinya merupakan materi yang terkait dengan Pendidikan Agama Islam, perencanaan juga berupa jadwal dan tempat belajar. b) Pelaksanaan program madrasah diniyah di SMP Negeri Manbaul Falah yang pertama kegiatan awal, kemudian kegiatan inti, dan kegiatan penutup. c) Evaluasi program madrasah diniyah di SMP Negeri Manbaul Falah dilakukan dengan dua proses, yaitu yang pertama sasaran nilai yang ditujukan kepada siswa. Yang kedua alat penilaian yang digunakan berupa tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:52
Last Modified: 02 Nov 2022 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14394

Actions (login required)

View Item View Item