Penerapan Nilai edukasi sosial dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Annuriyyah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember.

Bela, Fransiska (2019) Penerapan Nilai edukasi sosial dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Annuriyyah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Fransiska Bela_084141371.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Dewasa ini persoalan dekadensi moral menjadi topik yang selalu dibicarakan oleh beberapa orang terutama yang terjadi pada kalangan remaja khususnya pelajar. Kenakalan pada pelajar, disinyalir sebagai akibat dari tidak berhasilnya membangun dan membina akhlak serta budi pekerti peserta didik. Pendidikan akhlak adalah pendidikan mengenai dasar-dasar moral (akhlak) dan keutamaan perangai, tabiat yang dimiliki dan harus dijadikan kebiasaan oleh anak sejak kanak-kanak hingga ia menjadi mukallaf. Adapun tujuan dari rumusan masalah ini adalah untuk mendeskripsikan 1. Bagaimanakah penerapan nilai Loves (kasih sayang) dalam pembelajaran akidah akhlak dalam kehidupan sosial di MTs Annuriyyah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember? 2. Bagaimanakah penerapan nilai Responsibility (tanggung jawab) dalam pembelajaran akidah akhlak dalam kehidupan sosial di MTs Annuriyyah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember? 3.Bagaimanakah penerapan nilai Life Harmony (keserasian hidup) dalam pembelajaran akidah akhlak dalam kehidupan sosial di MTs Annuriyyah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember?. Pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Lokasi yang dijadikan tempat penelitian adalah MTs Annuriyyah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Penentuan sumber data pada penelitian kualitatif dilakukan secara purposive. Analisis data pada penelitian ini menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan nilai Loves (kasih sayang) dalam pembelajaran akidah akhlak mengajarkan tentang pengabdian, tolong menolong, kekeluargaan, kesetiaan dan kepedulian seperti saling membantu terhadap sesama siswa yang terkena musibah, saling menghargai perbedaan sesama agar tidak terjadi konflik, menjaga nama baik sekolah dengan berperilaku yang baik, setia terhadap nilai-nilai yang dijunjung oleh pesantren dan madrasah serta peduli terhadap sesama, dan lingkungan. Penerapan nilai Responsibility (tanggung jawab) seperti rasa memiliki, disiplin, dan empati. Penerapan dalam kehidupan sehari-hari dimulai dengan hafalan alquran, datang sekolah tepat waktu. Setiap pelanggaran yang dibuat oleh peserta didik akan mendapatkan sanksi. Penerapan nilai Life Harmony (keserasian hidup) mengajarkan untuk memiliki sikap adil, toleransi, kerjasama, dan demokrasi. Bentuk dari aspek ini meliputi menjaga lingkungan sekolah selalu bersih, merawat tumbuhan yang ada disekitar sekolah, melakukan sholat berjamaah, membiasakan diri memulai pelajaran dengan berdoa, berperilaku sopan terhadap sesama terutama guru, tidak mengotori sekolah dengan mencorat-coret dinding sekolah atau bangku sekolah serta tidak membuang sampah sembarangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:01
Last Modified: 02 Nov 2022 04:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14395

Actions (login required)

View Item View Item