HS, MAFTUHATUL (2019) Pengembangan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui bermain peran di Raudhatul Athfal Al-mursyidiyah Dusun ledok, Desa sidomukti, Kecamatan mayang, Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
MAFTUHATUL HS_T201511118.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan anak usia dini sering dihadapkan pada berbagai masalah, baik yang berkaitan dengan bidang pengembangan maupun menyangkut hubungan sosial. Melalui bermain peran, anak-anak mencoba mengeksplorasi hubungan antara manusia dengan cara memperagakannya dan mendiskusikannya sehingga secara bersama-sama dapat mengeksplorasi perasaan, sikap, nilai dan berbagai strategi pemecahan masalah. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimanakah pengembangan kecerdasan interpesonal pada aspek pengembangan emosional melalui bermain peran di Raudhatul Athfal Mursyidiyah Ledok, Sidomukti, Mayang, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. 2). Bagaimanakah pengembangan kecerdasan interpesonal pada aspek pengembangan sosial melalui bermain peran di Raudhatul Athfal Mursyidiyah Ledok, Sidomukti, Mayang, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan Penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan pengembangan kecerdasan interpesonal pada aspek pengembangan emosional melalui bermain peran di Raudhatul Athfal Mursyidiyah Ledok, Sidomukti, Mayang, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan pengembangan kecerdasan interpesonal pada aspek pengembangan Sosial melalui bermain peran di Raudhatul Athfal Mursyidiyah Ledok, Sidomukti, Mayang, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu; 1). Pengembangan Kecerdasan Interpesonal pada Aspek Pengembangan Emosional melalui Bermain Peran Dilakukan dengan menggunakan bahasa anak, melibatkan semua anak, mengajarkan anak untuk mengerti perasaan orang lain, memilih tema yang dapat digunakan bermain peran, bermain peran mikro dan makro. 2). Pengembangan Kecerdasan Interpesonal pada Aspek Pengembangan Sosial melalui Bermain Peran Dilakukan dengan pemilihan tema yang dapat digunakan dengan bermain peran, menentukan atau memilih anak untuk dijadikan pemeran dalam sosiodrama, menyediakan alat-alat yang akan digunakan pada saat bermain peran atau sosiodrama, memberikan jangka waktu agar setiap anak dapat memainkan perannya, mengajarkan anak bekerjasama
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 04:00 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 04:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14396 |
Actions (login required)
View Item |