Upaya Guru Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Siswa pada Pembelajaran PAI di Smp Islam Bahrul Amin Ajung Kalisat Tahun Pelajaran 2018/2019

AZIZIL MUBAROK, M.BAHRUL (2019) Upaya Guru Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Siswa pada Pembelajaran PAI di Smp Islam Bahrul Amin Ajung Kalisat Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
M.BAHRUL AZIZIL MUBAROK_084 141 505.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan Islam menempatkan peserta didik tidak saja menjadi objek pendidikan, melainkan juga memandangnya sebagai subjek pendidikan. Materi PAI perlu diajarkan sebaik- baiknya dengan menggunakan strategi pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat belajar yang tinggi pada peserta didik. salah satu kelebihan manusia adalah memiliki kecerdasan. Dan kadar kecerdasan manusia berbeda-beda. peran pendidikan sangatlah penting dalam pengembangan kecerdasan manusia. Melalui pembelajaran PAI guru dapat mengembangkan kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal siswanya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah :1) Bagaimana upaya guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa di SMP Islam Bahrul Amin Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Apa saja faktor pendukung dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa di SMP Islam Bahrul Amin Tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Apa saja kendala-kendala dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa di SMP Islam Bahrul Amin Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya guru serta faktor pendukung dan kendala-kendala dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif yang masuk pada penelitian lapangan (Field Research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur, observasi partisipan pasif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman yaitu, pengumpulan data, reduksi, dan penyajian data. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Upaya upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa dalam pembelajaran PAI melalui pertama, pengelolaan kelas diantaranya (a) Moving class (b) Mengkondisikan keadaan siswa (c) Pengelolaan tempat duduk (d) Pemberian motivasi dan, (e) Melakukan pendekatan kepada siswa. Kedua, penggunaan strategi dan metode pada pengembangan kecerdasan interpersonal yang meliputi: (a) Diskusi (b) Tutor sebaya (c) Demonstrasi (d) Penugasan secara kelompok (e)Tanya jawab. Ketiga, penggunaan strategi dan metode pada pengembangan kecerdasan intrapersonal siswa melalui: (a) Hafalan (b) Penugasan secara mandiri (c) Pemecahan masalah (d) Sesi refleksi. (2) Faktor pendukung dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal siswa meliputi meliputi (a) Motivasi guru(b)Metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran(c) Ekstrakurikuler (d) Organisasi dan,(e) Media. (3) Kendalakendala yang ditemukan yaitu minimnya tenaga guru PAI yang terbilang profesional, minimnya ketersediaan media yang dapat menunjang realisasi dari perencanaan pembelajaran yang telah dirancang, pengkondisian kelas yang kurang kondusif yang disebabkan tidak ketertarikan siswa dan rasa bosan yang muncul ketika pembelajaran sudah tidak menarik dan tidak menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:00
Last Modified: 02 Nov 2022 04:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14398

Actions (login required)

View Item View Item