Pembinaan Ubudiyah Dalam Tajhiizul Mayyit di Dusun Bregoh Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2018.Pembinaan Ubudiyah Dalam Tajhiizul Mayyit di Dusun Bregoh Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2018.

SHODIK, MUHAMMAD (2019) Pembinaan Ubudiyah Dalam Tajhiizul Mayyit di Dusun Bregoh Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2018.Pembinaan Ubudiyah Dalam Tajhiizul Mayyit di Dusun Bregoh Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2018. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MUHAMMAD SHODIK_084148019.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Dalam konsep Islam, pendidikan merupakan penataan individu dan masyarakat yang menyebabkan seseorang tunduk dan patuh pada ajaran-ajaran Islam dan menerapkannya dalam kehidupan individual dan sosial. Dengan demikian tujuan akhir pendidikan Islam adalah untuk merealisasikan ubudiyah kepada Allah di dalam kehidupan manusia, baik individu maupun masyarakat. Tajhizul mayit artinya merawat atau mengurus seseorang yang telah meninggal. Hukum tajhiz mayyit adalah fardlu kifayah bagi setiap orang Islam menyangka atas kematian seseorang. Namun dari realita yang terjadi disekitar kita, banyak sekali ditemukan dimasyarakat yang belum mengetahui beberapa tatacara yang harus dilakukan ketika menghadapi hal tersebut, oleh karena itu sangatlah penting diadakanya pemyuluhan dan pembinaan secara berkesinambungan. Dari latar belakang tersebut, maka penulisan mencoba untuk merumuskan pembahasan penelitian ini pada 1) Bagaimana pembinaan ubudiyah tajhizul mayyit di Dusun Bregoh Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu tahu 2019. 2) Strategi apa saja yang digunakan dalam pembinaan ubudiyah tajhizul mayyit bisa berhasil tahun 2019?. Tujuan penelitianya adalah: 1) Mendiskripsikan pembinaan ubudiyah tajhiizul mayyit di Dusun Bregoh Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu tahun 2019, 2) Mendiskripsikan strategi yang digunakan dalam melaksanakan pembunaan ubudiyah tajhiizul mayyit di Dusun Bregoh Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) peran organisasi keagamaan dalam pembinaan ubudiyah tajhiizul mayyit di Dusun Bregoh Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu sudah sangat baik, hal ini dapat dilihat dari keseharian kegiatan yang dilakukan secara rutin bagi masyarakat sekitar, 2) Upaya yang dilakukan sebagai bentuk strategi dalam pembinaan tajhiizul mayyit diantaranya adalah: mengadakan pengajian rutin yang diadakan secara periodik dilingkungan masyarakat sesuai jadwal yang ada. Pembinaan ustadz dan ustadzah pada taman pendidikan al-Qur’an (TPQ) diwilayah Dusun Bregoh Desa Sumberejo, dengan harapan nantinya dapat disampaikan kepada para santri TPQ.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:00
Last Modified: 02 Nov 2022 04:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14399

Actions (login required)

View Item View Item