Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Pada Kelompok B Di RA.Amanah Lil ‘Alamin Kaliwates Jember

Ruliati, Dewi (2019) Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Pada Kelompok B Di RA.Amanah Lil ‘Alamin Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Dewi Ruliati_T201511063.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau sebagian besar otot yang ada dalam tubuh maupun seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi kematangan diri. Permainan adalah salah satu bentuk aktifitas sosial yang dominan pada awal masa kanak-kanak. Permainan tradisional seperti engklek, lompat tali dan petak umpet dapat melatih kemampuan fisik anak. Sebab anak harus melakukan gerakan melompat-lompat, menjaga keseimbangan dengan satu kaki, memutar badan secara cepat, berlari, dan membungkukkan badan. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia dini melalui permainan engklek Di RA.Amanah Lil ‘Alamin Kaliwates Jember?, 2) Bagaimana meningkatkan motorik kasar anak usia dini melalui permainan lompat tali di RA.Amanah Lil ‘Alamin Kaliwates Jember? Dan 3) Bagaimana meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia dini melalui permainan petak umpet di RA.Amanah Lil ‘Alamin Kaliwates Jember? Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana permainan engklek dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di RA Amanah liL ‘Alamin Kaliwates Jember, 2) untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana permainan lompat tali dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di RA.Amanah Lil ‘Alamin Kaliwates Jember, 3) untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana permainan lompat tali dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di RA.Amanah Lil ‘Alamin Kaliwates Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mengumpulkan data digunakan metode sebagai berikut: a) Observasi, b) wawancara, dan c) Dokumentasi. Sedangkan analisa data mengunakan deskriptif naratif dengan keabsahan data triangulasi sumber. Berdasarkan hasil pembahasan didapat kesimpulan bahwa 1) Permainan Tradisional Engklek dapat meningkatkan motorik kasar Anak Usia Dini di RA.Amanah Lil ‘Alamin Kaliwates Jember dengan cara bermain yang baik sesuai dengan teori dan langkah-langkah sehingga Motorik Kasar anak dapat berkembang dengan baik sesuai dengan indikator perkembangan anak yaitu: menjaga keseimbangan tubuh dengan melompat menggunakan satu kaki, melempar benda tepat sasaran, membungkukkan badan ke depan, memutar seluruh badan. 2) Permainan Tradisional Lompat Tali dapat meningkatkan motorik kasar anak usia dini di RA.Amanah Lil ‘Alamin Kaliwates Jember dengan cara bermain dengan baik sesuai indikator perkembangan anak yaitu: melompat, meloncat dan berlari secara terkoordinasi, bermain dengan aturan, dan 3) Permainan Tradisional Petak Umpet dapat meningkatkan motorik kasar anak usia dini di RA.Amanah Lil ‘Alamin Kaliwates Jember sesuai dengan indikator pencapaian perkembangan Yaitu: Bermain dengan aturan, Melompat, meloncat dan berlari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:00
Last Modified: 02 Nov 2022 04:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14400

Actions (login required)

View Item View Item