Ahmad, Abdurrahman (2018) KEFEKTIFAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SMA UNGGULAN NURIS JEMBER. [Prosiding Konferensi]
Text
Proseding IPS 2018 lengkap.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
E-learning merupakan proses belajar dan mengajar dimana pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media dan sarana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan keefektifan hasil belajar menggunakan e-learning berbasis schoology dalam pembelajaran terhadap mata pelajaran ekonomi SMA Unggulan NURIS Jember. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Intact-Group Comparison. Hasil belajar yang diperoleh siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan metode konvensional ternyata memiliki nilai minimum dan nilai maksimum yang lebih rendah dibandingkan siswa yang melaksankan pembelajaran dengan menggunakan e-learning berbasis schoology hal ini dibuktikan dengan hasil olah data bahwa P-value lebih kecil dari α= 0,05 yaitu sebesar 0,001. Maka H0 ditolak, kesimpulannya penggunaan e-learning berbasis schoology dan penggunaan pembelajaran konvensional menghasilkan hasil belajar yang berbeda.
Kata Kunci: e-learning, schoology, hasil belajar
Item Type: | Prosiding Konferensi |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Abdurrahman Ahmad |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 03:06 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 03:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1441 |
Actions (login required)
View Item |