Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Melalui Media Flashcard Pada Kelompok A RA Al-Hikmah Sukowiryo Jelbuk Jember Tahun Pelajaran 2018-2019

TIYAH, KIP (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Melalui Media Flashcard Pada Kelompok A RA Al-Hikmah Sukowiryo Jelbuk Jember Tahun Pelajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
KIPTIYAH_T201511130.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2003 Pasal 9 Ayat 1 tentang Perlindungan Anak dinyatakan bahwa “Setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya. Permendikbud No. 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini yang dinyatakan dalam Standar Tingkan Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) Usia 4-5 Tahun atau Raudhatul Athfal (RA) kelompok dalam lingkup perkembangan bahasa keaksaraan. Pada STPPA No. 4 yang harus dicapai dalam perkembangan kognitif anak adalah Memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain dan berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung. Fokus penelitian, Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan membaca dan bagaimana upaya meningkatkan kemampuan berhitung melalui media Flascard pada kelompok A RA Al Hikmah Sukowiryo, Jelbuk, Jember Semester gazal Tahun Pelajaran 2018/2019 Tujuan Penelitian ini adalah mendreskripsikan upaya Guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan berhitung melalui media Flascard pada kelompok A RA Al Hikmah, Sukowiryo, Jelbuk, Jember Semester gazal tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Menganalisis kemampuan berkomunikasi ( membaca dan berhitung ) pada kelompok A RA Al Hikmah, Sukowiryo, Jelbuk, Jember Semester gazal tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berkomunikasi kelompok A di RA Al Hikmah, Sukowiryo, Jelbuk, Jember dapat di tingkatkan Melalui metode bercerita dengan media flashcard. Langkah-langkah yang efektif dalam meningkatkan berkomunikasi meliputi kegiatan bercerita lebih difokuskan pada keterlibatan yang interaktif atau guru mengajak anak aktif dalam kegiatan bercerita, menguasai metode bercerita, memberi kesempatan pada anak untuk merespon setelah kegiatan usai dengan menggunakan bahasa mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:50
Last Modified: 02 Nov 2022 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14410

Actions (login required)

View Item View Item