Maulidiyah, Renanda (2022) METODE GURU DALAM MENANGANI KESULITAN MEMBACA KELAS 1 DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL MUNIROH 1 UJUNGPANGKAH GRESIK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. METODE GURU DALAM MENANGANI KESULITAN MEMBACA KELAS 1 DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL MUNIROH 1 UJUNGPANGKAH GRESIK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. (Unpublished)
Text
RENANDA MAULIDIYAH T20184017.pdf Download (2MB) |
Abstract
Renanda Maulidiyah 2022.“Metode Guru Dalam Menangani Kesulitan Membaca Kelas 1 Di MI Al Muniroh 1 Ujungpangkah Gresik Tahun Pelajaran 2020/2021”.
Kata Kunci : Metode Guru, Kesulitan Membaca.
MI Al Muniroh I merupakan sekolah swasta yang berada di kecamatan Ujungpangkah Gresik, dimana di sekolah tersebut peneliti menemukan suatu permasalahan yaitu kesulitan dalam membaca, dimana kesulitan membaca yang di alami siswa harus
mendapatkan perhatian khusus dan penanganan khusus. Penanganan kesulitan tersebut membutuhkan metode yang tepat. Oleh karena itu guru harus menguasai beberapa metode yang tepat agar masalah tersebut bisa teratasi dengan baik.
Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Metode guru dalam menangani kesulitan membaca tipe auditoris pada kelas 1 MI Al-muniroh 1 Ujungpangkah Gresik Tahun pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana Metode guru dalam menangani kesulitan membaca tipe visual pada kelas 1 MI Al-muniroh 1 Ujungpangkah Gresik Tahun Pelajaran 2021/202? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan
Metode guru dalam menangani kesulitan membaca tipe auditoris pada kelas 1 MI Al�muniroh 1 Ujungpangkah Gresik Tahun pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan Metode guru dalam menangani kesulitan membaca tipe visual pada kelas 1 MI Al-muniroh 1 Ujungpangkah Gresik Tahun Pelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskrptif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian menggunakan tehnik purposive. Informan pada
penelitian ini adalah Guru kelas 1, siswa kelas 1 yang kesulitan membaca dan Orang tua siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi tehnik, sumber dan waktu.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Metode yang dilakukan guru dalam menangani siswa yang mengalami kesulitan membaca tipe auditoris pada gejala analisis fonetik yaitu guru menggunakan metode gilligham yaitu guru mencarikan huruf yang hampir mirip didalam kata, misalkan katak, kapak, kakak. Kemudian guru mengucapkan kata tersebut, kemudian siswa mendengarkan dan mengucapkannya berkali-kali, kemudian guru bertanya lagi bunyi kata tersebut itu seperti apa, untuk mengetes siswa sudah bisa membedakan kata tersebut atau belum. Sedangkan Metode yang dilakukan guru dalam menangani siswa tipe auditoris pada gejala sintesis auditoris yaitu guru menggunakan metode analisis glass yaitu
guru membagi kata menjadi beberapa suku kata agar siswa lebih mudah untuk memahami,
siswa membaca persuku kata. Jika siswa lupa dengan suku kata yang pertama maka guru mengingatkan dengan metode berhitung dan dengan ekspresi wajah. (2) Metode guru dalam menangani siswa yang mengalami kesulitan membaca tipe visual dalam gejala tendensi terbalik yaitu guru menggunakan metode abjad yaitu sering memberikan huruf�huruf yang mirip agar siswa lebih bisa membedakan huruf yang mirip. Misalkan b dibaca
d, p dibaca q. Kemudian guru menjelaskan mengenai perbedaan huruf-huruf dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti anak. Guru memberi motivasi atau pujian. jika anak tersebut bisa. Sedangkan Metode yang dilakukan guru dalam menangani siswa tipe visual pada gejala kesulitan deskriminasi yaitu guru menggunakan metode fernald yaitu guru menuliskan kata di buku, kemudian siswa tersebut menelusuri dengan jari
tangannya, saat menulusuri anak melihat dan mengucapkan kata dengan keras, cara tersebut dilakukan berulang sampai anak tersebut mampu menulis tanpa melihat salinannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Renanda Renanda Renanda Maulidiyah |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 07:10 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 07:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14411 |
Actions (login required)
View Item |