Penerapan Literasi Membaca Dalam Pembinaan Karakter Sosial Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al-Anwar Bunder Pancoran Bondowoso Tahun Ajaran 2018/2019

HOLIL, MOH (2019) Penerapan Literasi Membaca Dalam Pembinaan Karakter Sosial Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al-Anwar Bunder Pancoran Bondowoso Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MOH HOLIL_084 141 312.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Lembaga pendidikan yang merupakan sebuah lembaga atau tempat berlangsungnya proses belajar mengajar yang dilakukan dengan bertujuan mengubah tingkah laku peserta didik menjadi lebih baik melalui sebuah interaksi di lingkungan sekitarnya. Dikalangan lembaga pendidikan, terutama para peserta didik yang memiliki budi pekerti dan karakter yang berbeda di setiap individunya. Tentu setiap lembaga pendidikan ingin mengeluarkan atau lulusan anak didik yang memiliki karakter dan budi pekerti yang luhur, sehingga mampu membawa nama baik orang tua dan almamaternya. Pembelajaran literasi yang merupakan sebuah salah satu pembelajaran yang diterapkan di lembaga pendidikan diharapkan mampu mencipkan dan merubah kepribadian dan karakter yang kurang baik menjadi karakter yang lebih baik lagi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana bentuk penerapan literasi membaca dalam pembinaan karakter sosial peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Anwar Bunder Pancoran Bondodwoso Tahun Ajaran 2018/2019. 2). Bagaiman hasil penerapan literasi membaca dalam pembinaan karakter sosial peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Anwar Bunder Pancoran Bondodwoso Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dari data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan serta data analisis dengan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil temuan dalam penelitian ini yaitu: 1). Bentuk penerapan literasi membaca dalam pembinaan karakter sosial peserta didik di Madrasah Aliyah Al- Anwar Bunder Pancoran Bondowoso Tahun Ajaran 2018/2019. Yaitu: Bentuk penerapn literasi membaca, langkah-langkah penerapan literasi membaca, strategi penerapan literasi membaca. 2). Bagaimana Hasil Penerapan Literasi Membaca Dalam Meningkatkan Karakter Sosial Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al- Anwar Bunder Pancoran Bondodwoso Tahun Ajaran 2018/2019. Yaitu: menambah minat baca siswa, meningkatkan karakter sosial peserta didik, menambah pengetahuan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:50
Last Modified: 02 Nov 2022 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14412

Actions (login required)

View Item View Item