Upaya Peningkatan Kemampuan kognitif Mengenal Angka Melalui MeUpaya Peningkatan Kemampuan kognitif Mengenal Angka Melalui Metode Bernyanyi pada Kelompok A Raudhatul Athfal Raudlotul Wildain Kaliwates kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019tode Bernyanyi pada Kelompok A Raudhatul Athfal Raudlotul Wildain Kaliwates kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

NAWATI, MIS (2019) Upaya Peningkatan Kemampuan kognitif Mengenal Angka Melalui MeUpaya Peningkatan Kemampuan kognitif Mengenal Angka Melalui Metode Bernyanyi pada Kelompok A Raudhatul Athfal Raudlotul Wildain Kaliwates kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019tode Bernyanyi pada Kelompok A Raudhatul Athfal Raudlotul Wildain Kaliwates kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MISNAWATI_T201511008.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

Perkembangan kemampuan anak usia dini yang sedang berkembang di RA Raudlotul Wildain adalah kemampuan kognitif. Ketika anak-anak mengenal angka 1-10, menyebutkan angka 1-10 dan Mengurutkan angka dari yang terkecil ke yang terbesar atau sebaliknya serta mengenalkan konsep pengurangan yang sederhana belum begitu paham dan bingung untuk menyebutkan angka 1_10. Maka dengan alasan itu guru melaksanakan pembelajaran melalui metode bernyanyi, Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana penerapan metode bernyanyi lagu bentuk angka 1-10 dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka pada kelompok A RA Raudlotul Wildain Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana penerapan metode bernyanyi lagu anak bebek dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka pada kelompok A RA Raudlotul Wildain Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan penerapan metode bernyanyi lagu bentuk angka 1-10 dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka pada kelompok A RA Raudlotul Wildain Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan penerapan metode bernyanyi lagu anak bebek dalam meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka pada kelompok A RA Raudlotul Wildain Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan lokasi penelitian ini di Raudlotul Athfal Raudlotul Wildain Kaliwates Kabupaten Jember, penentuan informan manggunakan purposive. Tehnik Pengumpulan data menggunakan: observasi non participan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan condansation, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Penerapan metode bernyanyi lagu bentuk angka 1-10 dalam kemampuan kognitif mengenal angka pada kelompok A RA Raudlorul Wildain Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 208/2019 adalah Memilih tema, Menyiapkan media, mengkondisikan anak didik, memberikan contoh lagu bentuk angka 1-10 menarik yang sesuai dengan isi lagu, melaksanakan evaluasi pembelajaran. 2) Penerapan metode bernyanyi lagu anak bebek dalam meningkatkan Kemampuan kognitif mengenal angka pada kelompok A RA Raudlotul Wildain Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah melalui menentukan tema lagu, menentukan media pembelajaran, mengkondisikan anak untuk berbaris membentuk sebuah lingkaran. memberikan contoh lagu anak bebek ditengah tengah lingkaran, melakukan evaluasi pembelajaran metode bernyanyi anak bebek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:50
Last Modified: 02 Nov 2022 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14413

Actions (login required)

View Item View Item