Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Permainan Kereta Angka Pada Kelompok B di TK Muslimat NU Jatisari Tempeh Lumajang

Elies Fajriah, Nawangwulan (2022) Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Permainan Kereta Angka Pada Kelompok B di TK Muslimat NU Jatisari Tempeh Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elies Fajriah Nuwangwulan_T20185022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berhitung permulaan merupakan kemampuan yang dimiliki setiap anak untuk mengembangkan kemampuannya, karakteristik perkembangannya ini dimulai dari lingkungan terdekat dengan dirinya. Sejalan dengan perkembangan kemampuannya anak dapat meningkat ke tahap pengertian mengenai jumlah, yaitu berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan. Guru TK Muslimat NU Jatisari tahun ajaran 2021/2022 dalam mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak, salah satunya melalui media permainan kereta angka.
Fokus penelitian ini adalah Bagaimana peran guru sebagai pendidik, pembimbing dan pelatih dalam mengembangkan kemampuan berhitung permulaan melalui media permainan kereta angka pada kelompok B di TK Muslimat NU Jatisari Tempeh Lumajang?.
Adapun Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik, pembimbing dan pelatih dalam mengembangkan kemampuan berhitung permulaan melalui media permainan kereta angka pada kelompok B di TK Muslimat NU Jatisari Tempeh Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Hubberman dan Saldana. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangualasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) peran guru sebagai pendidik dalam mengembangkan kemampuan berhitung permulaan melalui media permainan kereta angka pada kelompok B di TK Muslimat NU Jatisari Tempeh Lumajang yaitu (a) guru selalu memberikan pengarahan dan pemahaman terlebih dahulu pada kegiatan yang akan dilakukan. (b) melalui media permainan kereta angka pada kegiatan berhitung permulaan menyenangkan, anak tidak merasa bosan dan mudah memahami angka. (c) guru dapat mencurahkan kreativitasnya untuk merangsang perkembangan pada diri anak. (2) Peran guru sebagai pembimbing dalam mengembangkan kemampuan berhitung permulaan melalui media permainan kereta angka pada kelompok B di TK Muslimat NU Jatisari Tempeh Lumajang (a) guru memberi pertanyaan untuk menguji sejauh mana pemahaman anak mengenai materi yang telah disampaikan (b) guru menjadi orang yang selalu siap sedia ketika peserta didik kesulitan melakukan kegiatan berhitung. (c) guru selalu mendampingi, memantau, serta menilai peserta didik dalam melakukan kegiatan berhitung permulaan melalui media permaianan kereta angka. (3) Peran guru sebagai pelatih dalam mengembangkan kemampuan berhitung permulaan melalui media permainan kereta angka pada kelompok B di TK Muslimat NU Jatisari Tempeh Lumajang yaitu: (a) guru selalu menyiapkan alat dan bahan yang sesuai dengan tema dan kegiatan berhitung permulaan yang akan dilaksanakan. (b) guru melatih anak dengan cara pemberian tugas.
Kata Kunci: Peran guru, berhitung permulaan, kereta angka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Elies Fajriah Nawangwulan
Date Deposited: 02 Nov 2022 08:06
Last Modified: 02 Nov 2022 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14414

Actions (login required)

View Item View Item