Pratama, Firman Gilang (2019) Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Kecintaan Peserta Didik terhadap Pendidikan Agama di MTs Negeri Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
Firman Gilang Pratama_084 131 097.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran SKI merupakan salah satu mata pelajaran dalam Pendidikan Agama Islam yang berisi tentang sejarah-sejarah nabi. Dalam proses pembelajaran guru SKI terkadang hanya mengajar dengan cara konvensional yaitu seperti dengan menjelaskan dan ceramah saja. Hal ini banyak membuat peserta didik jenuh, sehingga guru SKI harus lebih aktif dan memiliki strategi yang inovatif dalam mengajarkan pembelajaran SKI di kelas. Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh guru SKI yang mengajar di MTs Negeri Situbondo. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Situbondo?; (2) Bagaimana kontribusi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap agama Islam di MTs Negeri Situbondo?; (3) Bagaimana meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap agama Islam melalui pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Situbondo? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Situbondo; (2) Mendiskripsikan kontribusi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap agama Islam di MTs Negeri Situbondo; (3) Mendiskripsikan meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap agama Islam melalui pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Situbondo Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelititian dipilih dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif Milles Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil penelitian ini meliputi (1) Pembelajaran SKI di MTs Negeri Situbondo dilaksanakan melalui perencanaan meliputi a) guru membuat perangkat pembelajaran berupa RPP dan silabus di awal semester, b) proses pelaksanaan meliputi guru mengajar sudah sesuai dengan RPP; c) proses evaluasi yang dilakukan berupa evaluasi harian, tengah (formatif dan tiap akhir bab) dan evaluasi sumatif (akhir semester) berupa tes tulis. Metode yang digunakan guru ceramah, drama, pemberian tugas, sedangkan media yang digunakan buku paket, LKS dan proyektor; (2) Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam memberikan kontribusi dalam meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap agama Islam di MTs Negeri Situbondo, hal ini terlihat dari perubahan sikap siswa yang lebih mengerti dan paham terhadap sejarah-sejarah Islam, baik perjalanan Islam maupun keteladanan tokoh-tokoh dalam Islam, sehingga dengan memahami keteladanan tokoh-tokoh Islam tersebut dapat menumbuhkan kecintaan mereka terhadap agama Islam; (3) Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap agama Islam melalui pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Situbondo adalah a) Guru SKI membuat perangkat pembelajaran, b) Menggunakan 3 metode dalam mengajarkan pembelajaran SKI yaitu ceramah, diskusi dan metode tanya jawab; c) menggunakan 2 media yaitu: 1) media visual berupa gambar peta dunia, rute perdagangan dan proses masuknya Islam. 2) media audio visual yaitu berupa video Sirah Nabawiyah seperti film animasi sejarah nabi, khulafaur rasyidin, Bani Abbasiyah dan Bani Umayyah dengan memakai LCD proyektor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 07:50 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 07:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14416 |
Actions (login required)
View Item |