Problematika Media Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Salafiyah Syafi’iyah Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Lian Ah, Albis Hilmi (2019) Problematika Media Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Salafiyah Syafi’iyah Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Albis Hilmi Lian Ahmad_084 131 097.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Media berasal dari bahasa latin yang disebut dengan medius yang secara harfiyah berarti “tengah”, perantara atau pengantar. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaruan dalam pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajar. Di jaman modern seperti ini dimana teknologi semakin canggih dan maju seharusnya harus saling berpengaruh dalam kehidupan manusia, begitu juga pada dunia pendidikan perlu adanya inovasi dalam metode mengajar yaitu dengan menggunakan alat bantu yang disebut dengan media pembelajaran, akan tetapi dari prakteknya masih terjadi beberapa masalah seperti kurangnya biaya operasional dan skill guru dalam menggunakan media pembelajaran. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana problematika pengembangan media pembelajaran visual pada kurikulum 2013 di Madarasah Ibtidaiyah Ma’arif Salafiyah Syafi’iyah Rambipuji Jember tahun pelajaran 2018/2019. 2) Bagaimana problematika penerapan media pembelajaran visual pada kurikulum 2013 di Madarasah Ibtidaiyah Ma’arif Salafiyah Syafi’iyah Rambipuji Jember tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan problematika pengembangan media pembelajaran visual pada kurikulum 2013 di Madarasah Ibtidaiyah Ma’arif Salafiyah Syafi’iyah Rambipuji Jember tahun ajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan problematika penerapan media pembelajaran visual pada kurikulum 2013 di Madarasah Ibtidaiyah Ma’arif Salafiyah Syafi’iyah Rambipuji jember. Pendekatam penelitian adalah kualitatif yaitu prosedur yang mendeskrispkan berupa kata – kata tertulis dari orang dan pelaku yang di amati. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang mana penelitian deskriptif itu sendiri adalah penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Humberma, yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabasahan data menggunakan trianggulasi teknik dan sumber Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan fokus penelitian yaitu sebagai berikut: 1) problematika media yang terjadi di madrasah ibtidaiyah salafiyah syafi’iyah yang paling utama adalah dari segi biaya operasional yang minim sehingga untuk pengembangan media pembelajaran menjadi terkendala. Untuk mengembangkan media pembelajaran biaya operasional memang menjadi hal yang sangat sangat penting, pengembangan media pembelajaran perlu diadakan karena media pembelajaran menjadi alat bantu bagi guru untuk dalam melakukan pembelajaran. Keberadaan media pembelajaran pada kurikulum 2013 sangat penting untuk membantu guru, melihat di kurikulum tersebut menggunakan sistem pembelajaran aktif, dimana siswa lebih aktif mengamati, menalar dan mengkomunikan isi pelajaran . 2) Problematika pelaksanaan media pembelajaran di madarasah ibtidaiyah ma’arif salafiyah syafi’iyah adalah dari skil atau kemampuan gurunya dalam mengunakan media pembelajaran, karena keberadaan media pembelajaran yang minim membuat guru jarang atau tidak pernah menggunakan media pembelajaran hal ini juga berakibat kurang sklil atau kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran karena belum terbiasa. Perlu adanya latihan dalam membiasakan menggunakan media pembelajaran melihat disekolah tersebut sudah mengunakan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:50
Last Modified: 02 Nov 2022 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14417

Actions (login required)

View Item View Item