Membangun Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Pada Peserta Didik Kelas IV Melalui Materi Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Al Hamidy Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019.

ISLAM, SAIFUL (2019) Membangun Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Pada Peserta Didik Kelas IV Melalui Materi Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Al Hamidy Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SAIFUL ISLAM_084144057.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Beberapa kasus yang sedang melanda Bangsa Indonesia merupakan dampak dari kemerosotan moral Bangsa yang terjadi saat ini. Akan tetapi melihat realitas saat ini pendidikan hanya mengedepankan aspek keilmuan dan kecerdasan kognitif peserta didik. Adapun aspek afektif sebagai basis pembentukan sifat sudah mulai tidak diperhatikan. Implementasi nilai cinta tanah air pada materi pendidikan kewarga negaraan sebagai salah satu bentuk peningkatan pada ranah afektif dalam dunia pendidikan yang berusaha membantu pemerintah dan masyarakat dalam membangun sifat atau tingkah laku yang baik selaku anak penerus generasi muda Indonesia. Fokus penelitian ini adalah :1) Bagaimana proses perencanaan Membangun Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Pada Peserta Didik Kelas IV Melalui Materi Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Al Hamidy Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019,2) Bagaimana proses pelaksanan Membangun Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Pada Peserta Didik Kelas IV Melalui Materi Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Al Hamidy Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019, 3) Bagaimana proses evaluasi Membangun Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Pada Peserta Didik Kelas IV Melalui Materi Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Al Hamidy Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendiskripsikan proses perencanaan, Membangun Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Pada Peserta Didik Kelas IV Melalui Materi Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Al Hamidy Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019, 2) mendeskripsikakn proses pelaksanan Membangun Nilai- Nilai Cinta Tanah Air Pada Peserta Didik Kelas IV Melalui Materi Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Al Hamidy Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019, 3) mendeskripsikan proses evaluasi Membangun Nilai-Nilai Cinta Tanah Air Pada Peserta Didik Kelas IV Melalui Materi Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Al Hamidy Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) proses perencanan membangun nilai-nilai cinta tanah air pada peserta didik melalui materi pendidikan kewarganegaraan dilakukan dengan prosedur yang sudah ditentukan dengan berbagai prinsip yang dijadikan pertimbangan dan komponen-komponen yang perlu ada dalam perencanaan pembelajaran yang dalam hal ini merupakan RPP 2) proses pelaksanaan pembelajaran dalam rangka membangun nilai-nilai cinta tanah air pada peserta didik melalui materi pendidikan kewarganegaraan dilaksanakan dengan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM). Pembelajaran yang dilakukan dengan cara mengajak peserta didik untuk membangun pengetahuannya sendiri. Guru hanya memfasilitasi, mengarahkan dan meluruskan pemahaman peserta didik jika ada yang tidak sesuai dengan pembahasan. 3) proses evaluasi membangun nilai-nilai cinta tanah air pada peserta didik melalui materi pendidikan kewarganegaraan dilakukan dengan penilain non tes. Penilaian ini dilakukan untuk mengetahui perubahan secara afektif atau sifat pada peserta didik. Penilaian non tesyang dilakukan ialah dengan cara observasi yaitu proses pengamatan perubahan sifat yang terjadi pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:49
Last Modified: 02 Nov 2022 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14418

Actions (login required)

View Item View Item