Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Bermain Egrang Bathok pada Kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

ili, Hol (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Bermain Egrang Bathok pada Kelompok B di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Holili_T201511081.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Salah satu kemampuan anak usia dini yang sedang berkembang adalah kemampuan motorik kasar. Ketika kemampuan motorik kasar kurang berkembang hanya menggunakan senam irama, kurangnya menarik pembelajaran yang disampaikan kepada anak didik, dan media yang digunakan guru hanya itu saja sehingga anak didik menjadi bosan akan kemampuan motorik kasar anak. Permainan egrang bathok merupakan permainan yang dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar. Pada Kelompok B di RA Miftahul Ulum Sukorambi Jember, ditemukan beberapa anak yang kemampuan motorik kasarnya masih belum sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak dengan terlihatnya anak didik yang malas untuk melakukan gerakan tubuh. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1)Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan bermain egrang bathok pada kelompok B di RA Miftahul Ulum Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. 2)Apa saja faktor penghambat dan solusi bermain egrang bathok dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar kelompok B di RA Miftahul Ulum sukorambi kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan bermain egrang bathok pada kelompok B di RA Miftahul Ulum Sukorambi, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2)Mendeskripsikan faktor penghambat dan solusi bermain egrang bathok dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar pada kelompok B di RA Miftahul Ulum Sukorambi kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif, subjek penelitian menggunakan purposive dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan dalam upaya meningkatkn kemampuan motorik kasar melalui kegiatan bermain egrang bathok pada kelompok B di RA Miftahul Ulum Sukorambi kabupaten Jember dapat diperoleh dengan langkah langkah sebagai berikut: menentukan tema, menyusun RPPH, Mempersiapkan instrumen penilaian, Menyiapkan media yang akan digunakan, Mempersiapkan alat, anak menjadi beberapa kelompok, Memberikan kesempatan anak didik, Melaksanakan evaluasi. Adapun kesimpulan tentang faktor penghambat dan solusinya dapat diatasi oleh guru, sehingga upsya meningkatkan kemampuan motorik kasar melakui bermain egrang bathok berkembang sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:16
Last Modified: 03 Nov 2022 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14423

Actions (login required)

View Item View Item