Manajemen Komunikasi dalam Peningkatan Percaya Diri Siswa-siswi Jurusan Pemasaran di SMK PGRI 05 Kencong-Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Indah Sari, Dimita (2019) Manajemen Komunikasi dalam Peningkatan Percaya Diri Siswa-siswi Jurusan Pemasaran di SMK PGRI 05 Kencong-Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Dimita Indah Sari_T20153058.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Manajemen komunikasi sangatlah penting dalam keseharian siswa-siswi di SMK PGRI 05 Kencong-Jember terutama jurusan pemasaran, dari banyaknya karakter dari setiap individu yang berbeda-beda, maka perlu sekali mengatur proses komunikasi mereka terhadap konsumen maupun masyarakat secara langsung ketika mereka berada di lingkungan kerja. Maka dari itu percaya diri yang dimiliki setiap pribadi individu siswa-siswi harus ditingkatkan untuk bekal mereka dalam berorganisasi dengan konsumen maupun masyarakat. Fokus penelitian dalam skripsi ini terbagi 2 yaitu: 1) Bagaimana manajemen komunikasi interpersonal dalam peningkatan percaya diri siswa-siswi jurusan pemasaran di SMK PGRI 05 Kencong-Jember tahun pelajaran 2018/2019 ? 2) Bagaimana manajemen komunikasi organisasional dalam peningkatan percaya diri siswa-siswi jurusan pemasaran di SMK PGRI 05 Kencong-Jember tahun pelajaran 2018/2019 ? Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan manajemen komunikasi interpersonal dalam peningkatan percaya diri siswa-siswi jurusan pemasaran di SMK PGRI 05 Kencong-Jember tahun pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mendeskripsikan manajemen komunikasi organisasional dalam peningkatan percaya diri siswa-siswi jurusan pemasaran di SMK PGRI 05 Kencong-Jember tahun pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini metode dan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data: Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Data analisis menggunakan teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tehnik. Hasil penelitian ini adalah: 1. Dari hasil temuan dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti dan berdasarkan kajian teori yang telah disajikan, maka dapat digambarkan bahwasanya komunikasi interpersonal bisa dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas, dan komunikasi interpersonal dilaksanakan dengan selektif, sistemis, unik, processual, dan menciptakan makna. 2. Sesuai dengan hasil temuan dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti dan berdasarkan kajian teori yang telah disajikan, maka dapat di gambarkan bahwasanya komunikasi organisasional diimplementasikan dengan ceramah, diskusi, brainstorming, dan seminar. Terdapat beberapa penggolongan komunikasi dalam organisasi yaitu komunikasi lisan dan tertulis (verbal), bahasa isyarat, gerakan tubuh, dan intonasi suara (non verbal), komunikasi ke bawah, keatas, ke samping, komunikasi formal dan informal serta komunikasi satu arah dan dua arah. Komunikasi organisasional di lingkup siswa-siswi jurusan pemasaran dapat berupa komunikasi di dalam organisasi mereka maupun dengan orang di sekeliling mereka dengan bertukar pendapat atau saling mengutarakan ide ketika mereka berdiskusi dengan siswa yang lainnya maupun dengan gurunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:16
Last Modified: 03 Nov 2022 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14424

Actions (login required)

View Item View Item