Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Literasi di SMK Negeri 2 Jember.

HASANAH, FAIZATUL (2019) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Literasi di SMK Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
FAIZATUL HASANAH_T20151358.pdf - Submitted Version

Download (17MB)

Abstract

Literasi Religi merupakan implementasi kegiatan penanaman pendidikan karakter kepada peserta didik yang melaksanakan pendidikan di SMK Negeri 2 Jember yang bertujuan untuk menanamkan pendidikan karakter terhadap peserta didik yang akan menjadi pondasi di dalam kehidupannya serta ketaqwaannya terhadap Allah Swt. Oleh karena itu penanaman pendidikan karakter melalui kegiatan literasi religi sangatlah penting untuk peserta didik sebagai bentuk taat akan agamanya dalam kehidupan sehari-hari. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan literasi religi di SMK Negeri 2 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan literasi religi di SMK Negeri 2 Jember? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan literasi religi di SMK Negeri 2 Jember? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan literasi religi di SMK Negeri 2 Jember. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan literasi religi di SMK Negeri 2 Jember. 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kegiatan literasi religi di SMK Negeri 2 Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulan 1) nilainilai karakter yang ditanamkan dalam kegiatan literasi religi adalah karakter disiplin, religi, tanggung jawab, dan toleransi. 2) pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan literasi religi meliputi kegiatan perencanaan dengan membuat jadwal dan buku khusus literasi. Pelaksanaan literasi religi dilaksanakan selama 15 menit sebelum pembelajaran dimualai. 3) faktor pendukung dari kegiatan literasi religi yaitu adanya sarana dan prasarana yang lengkap, kebijakan dari atasan dan kordinasi yang baik antar guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pengetahuan peserta didik yang berbeda dan kurangnya tanggung jawab peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:16
Last Modified: 03 Nov 2022 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14425

Actions (login required)

View Item View Item