Implementasi Pembelajaran Program Keterampilan dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.

Hikmah, Kiki Faikhotul (2019) Implementasi Pembelajaran Program Keterampilan dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Kiki Faikhotul Hikmah_T20151034.pdf - Submitted Version

Download (12MB)

Abstract

Satuan pendidikan dituntut untuk mempunyai relevansi pendidikan dengan kebutuhan keterampilan didunia kerja, terutama madrasah yang sering diklaim hanya berorientasi kebutuhan ukhrowi. Program keterampilan di madrasah aliyah ada dalam rangka meningkatkan mutu dan daya saing lulusan pendidikan madrasah aliyah. Guna terselenggaranya program keterampilan yang baik, perlu adanya pembelajaran. Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember ditunjuk sebagai proyek percontohan (pilot project) lembaga pendidikan penyelenggara pendidikan keterampilan, akan tetapi masih ada peserta didik yang kesulitan dalam melaksanakan praktek pembelajaran dan ada yang tidak lulus program keterampilan, dari itu guru dituntut untuk lebih memperhatikan perencanakan dan pelaksanakan suatu pembelajaran, melihat Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember menjadi proyek percontohan program keterampilan. Fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan pembelajaran program keterampilan dalam mengembangkan potensi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? 2). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran program keterampilan dalam mengembangkan potensi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? 3). Bagaimana evaluasi pembelajaran program keterampilan dalam mengembangkan potensi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif yang dilakukan di Madrasah Aliyah Neeri 1 Jember. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tehnik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Dalam perencanaan pembelajaran guru program keterampilan menggunakan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran RPP serta jobsheet yang digunakan sebagai sumber belajar. Kegiatan pengembangan silabus dan RPP dilaksanakan dalam kegiatan MGMP dan tim khusus guru program keterampilan. Komponen RPP dan silabus sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2016. Tetapi dalam RPP tidak tercantum kegiatan 5M(mengamati, menanya, eksplorasi, asosiasi, dan komunikasi) 2). Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru program keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember terdapat kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup. Pembelajaran dilaksanakan di kelas khusus program keterampilan. Dalam pembelajaran program keterampilan tertanam nilai-nilai akhlak mulia seperti jujur, disiplin dan berjiwa sosial. 3). Evaluasi pembelajaran program keterampilan terdapat penilain proses selama pembelajaran, UH, UTS, UAS dan ujian magang. Peserta didik mendapatkan sertifikat setelah mengikuti program keterampilan. Evaluasi dalam perbaikan pengembangan silabus dan RPP juga dilaksanakan oleh guru dalam kegiatan MGMP dan tim khusus guru program keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:16
Last Modified: 03 Nov 2022 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14426

Actions (login required)

View Item View Item