Lutfi, Muhammad (2019) Manajemen Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Islam Kalibaru Banyuwangi. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
Muhammad Lutfi_084143103.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
Abstract
Manajemen Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Islam Kalibaru Banyuwangi yakni manajemen kurikulum yang mampu melahirkan siswa siswi yng berakhlakul karimah, tidak hanya mampu dalam menguasai IPTEK namun juga fasih dalam hal IMTAQ. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Manajemen Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Islam Kalibaru Banyuwangi? 2) Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Islam Kalibaru Banyuwangi? 3) Bagaimana Evaluasi Manajemen Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Islam Kalibaru Banyuwangi? Tujuan penulisan dalam skripsi ini adalah: (1) Mendeskripsikan Perencanaan Manajemen Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Islam Kalibaru Banyuwangi. (2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Islam Kalibaru Banyuwangi. (3) Mendeskripsikan Evaluasi Manajemen Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Islam Kalibaru Banyuwangi. Dalam penelitian ini metode dan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data: wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1. Perencanaan Manajemen Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Siswa ialah 1). Landasan filosofis 2). Landasan sosiologis dan 3). Landasan psikologis. Sedangkan Tujuan perencanaan manajemen kurikulum yang utama sebagaimana tujuan pendidikan nasional. Yang kemudian diturunkan kepada visi dan misi lembaga dan diturunkan lebih spesifik lagi kepada tujuan sekolah.2. Pelaksanaan pembelajaran dimulai dari pembuatan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP), kemudian serangkaian kegiatan pembelajaran baik di kelas ataupun di luar kelas dan evaluasi pembelajaran.3. Evaluasi kurikulum didasarkan kepada evaluasi pembelajaran, supervisi pendidikan dan akreditasi nasional. Sedangkan dalam proses evaluasi manajemen kurikulum dalam pembentukan karakter siswa yaitu terdapat langkah langkah sebagai berikut : 1) Menetapkan tujuan dari pada evaluasi yang dijalankan. 2) Mengukur seberapa capaian keberhasilan manajemen kurikulum yang ditetapkan. 3) Melakukan perbaikan bila terdapat kekurangan saat ini untuk perencanaan kurikulum dan pembelajaran pada tahun ajaran yang mendatang. 4) Evaluasi kurikulum didasarkan kepada evaluasi pembelajaran, supervisi pendidikan dan akreditasi nasional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 07:15 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 07:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14428 |
Actions (login required)
View Item |