Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Upaya Menarik Minat Stakeholder di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019

INGSIH, FITRIAN (2019) Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Upaya Menarik Minat Stakeholder di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
FITRIANINGSIH_084 143 121.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

MAN Bondowoso adalah satu-satunya lembaga pendidikan keagamaan yang menyelenggarakan pendidikan menengah umum negeri berciri khas islam di kota Bondowoso. Sehingga MAN Bondowoso banyak di minati oleh konsumen pendidikan yaitu peserta didik dan orang tua siswa. Hal ini juga tidak terlepas dari strategi pemasaran yang di lakukan oleh MAN Bondowoso untuk menarik minat stakeholder. Dalam memasarkan lembaganya MAN Bondowoso menggunakan berbagai strategi baik itu konvensional maupun strategi khusus yang memang di buat sendiri oleh Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Selain strategi promosi, Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso juga menawarkan berbagai layanan-layanan baru yang mengacu pada keinginan dan kebutuhan konsumen pendidikan. Acuan tersebut digunakan untuk menarik minat stakeholder pendidikan. Berdasarkan latar belakang diatas, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pemasaran pendidikan dalam upaya menarik minat stakeholder di MAN Bondowoso Tahun pelajaran 2018/2019. 2) Bagaimana implementasi pemasaran pendidikan dalam upaya menarik minat stakeholder di MAN Bondowoso Tahun pelajaran 2018/2019. 3) Bagaimana sistem pengendalian pemasaran pendidikan dalam upaya menarik minat stakeholder di MAN Bondowoso Tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pemasaran pendidikan dalam upaya menarik minat stakeholder di MAN Bondowoso Tahun 2018/2019. 2) Mendeskripsikan implementasi pemasaran pendidikan dalam upaya menarik minat stakeholder di MAN Bondowoso Tahun pelajaran 2018/2019. 3) Mendeskripsikan evaluasi pemasaran pendidikan dalam upaya menarik minat stakeholder di MAN Bondowoso Tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualititif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu menentukan subjek/objek sesuai tujuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif miles and Huberman. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Adapun kesimpulan dari penelitian ini, antara lain:1) Perencanaan program pemasaran pendidikan dalam upaya menarik minat stakeholder yaitu siswa dan orang tua siswa yang perlu direncanakan yaitu pertama, membuat program tahunan atau rencana kerja madrasah (RKM) selama 1 tahun. Dan diadakan revisi setiap semester manakala ada yang kurang bagus kemudian dirujuk kembali. Kedua, membentuk kepanitiaan atau panitia penerimaan siswa baru. Ketiga, analisis kebutuhan calon siswa. Dan keempat, menentukan segmen pasar. Kelima, membuka layanan baru.2) Pelaksanaan pemasaran pendidikan dengan tujuan untuk menarik minat stakeholder yaitu pertama, menyebar brosur, phamphlet, banner, spanduk; kedua, presentasi disekolah-sekolah target; ketiga, dengan kegiatan PKL-A ( Program Kerja Lapangan Keagamaan) pada setiap bulan maulid di berbagai daerah di Bondowoso; keempat, kegiatan PKL-K ( Program Kegiatan Lapangan Komputer) Bagi siswa kelas XII yang lolos seleksi kompetensi komputer, akan dimagangkan selama satu bulan di beberapa instansi pemerintah di Bondowoso. 3) evaluasi manajemen pemasaran pendidikan dalam upaya menarik minat stakeholder di MAN Bondowoso di lakukan secara continue. Pengendalian di lakukan setiap semester, pengendalian yang dilakukan selain sebagai pertimbangan untuk kelancaran pemasaran selanjutnya juga dilakukan dengan tujuan diadakannya promosi dari lembaga diharapkan mendapatkan masukan dari masyarakat yang merupakan pelanggan pendidikan dan masukan yang diterima bisa diserap dengan baik oleh lembaga guna mengetahui apa yang sebenarnya kurang dari lembaga madrasah tersebut. Dalam pengendalian pemasaran juga di adakan rapat mingguan untuk membahas program kerja humas yang sudah di laksanakan dalam satu semester. Jadi dalam rapat tersebut waka humas mengevaluasi program kerja yang sudah terlaksana dan mematangkan program yang akan di laksanakan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:15
Last Modified: 03 Nov 2022 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14430

Actions (login required)

View Item View Item