Peran Hubungan Masyarakat Dalam Mempromosikan Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Ajaran 2017/2018

Kholida, Siti Nur (2019) Peran Hubungan Masyarakat Dalam Mempromosikan Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Siti Nur Kholida_084 143 131.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Hubungan masyarakat (humas) merupakan suatu media yang berfungsi untuk menghubungkan antara sekolah dan masyarakat serta merupakan salah satu bagian dari substansi administrasi pendidikan yang terdapat didalam lemabaga pendidikan. Peran humas adalah membangun image di tengah masyarakat, serta mempromosikan lembaga, tak bisa di pungkiri peran promosi lembaga sanagat dibutuhkan bagi keberlangsungan lembaga. Dan juga ada beberapa kriteria khusus bagi seorang humas untuk menunjang tugasnya, selain itu peran humas sangat dibutuhkan ketika terjadi suatu permasalahan baik dari dalam maupun dari luar lembaga, peran humas di sini adalah sebagai mediator yang akan menemukan solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Berdasarkan latar belakang diatas, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana peran hubungan masyarakat dalam mempromosikan madrasah Aliyah Negeri Bondowoso tahun ajaran 2017/2018? 2) Apa saja program hubungan masyarakat dalam mempromosikan madrasah aliyah negeri bondowoso tahun ajaran 2017/2018? 3) Bagaimana strategi hubungan masyarakat dalam mempromosikan Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso tahun ajaran 2017/2018? Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah : 1) Mendeskripsikan bagaimana tugas dan fungsi hubungan masyarakat dalam mempromosikan madrasah aliyah negeri bondowoso tahun ajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan Apa saja program hubungan masyarakat dalam mempromosikan madrasah aliyah negeri bondowoso tahun ajaran 2017/2018. 3)Mendeskripsikan Bagaimana strategi hubungan masyarakat dalam mempromosikan madrasah aliyah negeri bondowoso tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu menentukan subjek/objek sesuai tujuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model miles and Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Langkah-langkah yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1. Untuk menjalin komunikasi dengan wali murid humas MAN Bondowoso. Mengadakan pertemuan di awal semester ganjil dan genap. Selain dengan pertemuan langsung atau tatap muka humas juga menggunakan media sosial seperti whatshap, facebook, dan SMS gudwey. Humas di MAN Bondowoso Berperan menjaga image madrasah untuk meningkatkan nilai jual di masyarakat, dan bertujuan untuk membina dan mengelola hubungan yang baik dengan publik internal maupun eksternal. 2. Kegiatan humas di MAN Bondowoso bisa di klasifikasikan menjadi kegiatan eksternal dan kegiatan internal. Kegiatan ekternal diantaranya pertemuan dengan wali murid di awal semester satu dan dua, kegiatan PKLA(praktek kerja lapangan keagamaan), PKLK(praktek kerja lapangan komputer) sedangkan kegiatan internal diantaranya rapat mingguan dan rapat bulanan bersama seluruh guru dan karyawan, Kirab bendera, pawai Muharraam, rihlah atau mondok satu malam. 3. Strategi promosi di MAN Bondowoso ialah melakukan pendekatan langsung di tengah masyarakat melalui kegiatan keagamaan seperti PKLA, dalam kegiatan tersebut ada penayangan Profil lembaga dan pementasan, berbagai seni yang diprakarsai oleh siswa misalnya seni teater dan hadrah. Selain itu ada kegiatan, pawai muharram, bedah rumah dan bakti sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:14
Last Modified: 03 Nov 2022 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14431

Actions (login required)

View Item View Item