RUCHANIYAH, HANIK (2019) Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Kitab Kuning di SMP Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
HANIK RUCHANIYAH_T20153057.pdf - Submitted Version Download (21MB) |
Abstract
Kepemimpinan visioner kepala sekolah ialah diartikan sebagai kepemimpinan yang memiliki arah dan wujud masa depan yang jelas yang merupakan gambaran masa depan yang disepakati dengan rasa kebersamaan dan komitmen yang tinggi untuk mewujudkannya. SMP Plus Darus Sholah Jember memiliki kepala sekolah yang mencerminkan sebagai kepala sekolah yang bervisioner, hal ini dapat dilihat bahwa Kepala Sekolah SMP Plus Darus Sholah telah menjadi pelopor inovasi yang membesarkan SMP Plus Darus Sholah Jember. Fokus penelitian dalam skripsi ini terbagi 3 yaitu: 1) Bagaimana Kepala Sekolah Menciptakan Strategi Inovatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Kitab Kuning Di SMP Plus Darus Sholah Jember ? 2) Bagaimana Kepala Sekolah Menetapkan Tujuan Kurikulum dalam Meningkatan Mutu Pembelajaran Kitab Kuning Di SMP Plus Darus Sholah Jember ? 3) Bagaimana Kepala Sekolah Mengimplementasikan Kebijakan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Kitab Kuning Di SMP Plus Darus Sholah Jember ? Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Bagaimana Kepala Sekolah Menciptakan Strategi Inovatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Kitab Kuning Di SMP Plus Darus Sholah Jember. 2) Untuk mendeskripsikan Bagaimana Kepala Sekolah Menetapkan Tujuan Kurikulum dalam Meningkatan Mutu Pembelajaran Kitab Kuning Di SMP Plus Darus Sholah Jember. 3) Untuk mendeskripsikan Bagaimana Kepala Sekolah Mengimplementasikan Kebijakan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Kitab Kuning Di SMP Plus Darus Sholah Jember. Dalam penelitian ini metode dan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data Obsevasi, Wawancara, Dokumentasi. Data analisis menggunakan teknik pengumpulan data. kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tehnik. Hasil penelitian ini adalah: 1. Dari hasil temuan dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan kajian teori yang telah disajikan, maka dapat digambarkan bahwasanya strategi inovatif yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran kitab kuning dilakukan, seperti halnya dengan peningkatan kemampuan mengajar guru, optimalisasi penggunaan media dan sarana pendidikan, pelaksanaan supervisi secara rutin, menjalin kerjasama dengan masyarakat, dan penerapan disiplin yang ketat. 2. Sesuai dengan hasil temuan dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan kajian teori yang telah disajikan, maka dapat digambarkan bahwasanya kepemimpinan visioner kepala sekolah SMP Plus Darus Sholah dalam menetapkan tujuan kurikulum dilakukan dengan mengidentifikasi komponen-komponen peningkatan mutu pembelajaranya, yaitu: Penampilan guru, Penguasaan materi/kurikulum, Penggunaan metode mengajar, Pendayagunaan alat/fasilitas pendidikan, Pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler. 3. Dari hasil temuan dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan kajian teori yang telah disajikan, maka dapat digambarkan bahwasanya kepala sekolah SMP Plus Darus Sholah mengimplementasikan kebijakan dilakukan dengan berapa tahapan yaitu terdiri dari: merumuskan visi, menjalin hubungan, melakukan dorongan, mengendalikan dan pemberi informasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 07:14 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 07:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14432 |
Actions (login required)
View Item |