Peningkatan Kecerdasan Interpersonal anak melalui bermain peran pada kelompok A di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Gumukrejo, Karangsono, Bngsalsari, Jember. Tahun Pelajaran 2018/2019

Hasanah, Imroatul (2019) Peningkatan Kecerdasan Interpersonal anak melalui bermain peran pada kelompok A di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Gumukrejo, Karangsono, Bngsalsari, Jember. Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Imroatul Hasanah_T201511092.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Salah satu kecerdasan yang dikembangkan pada Pendidikan Anak Usia Dini yaitu Kecerdasan interpersonal. Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan personal merupakan suatau keterampilan sosial yang berkaitan dengan ranah afektif dan emosi. Kemampuan personal akan menumbuh suburkan nilai-nilai kebaikan universal pada diri anak terutama di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah. Fokus penelitian ini; a) Bagaimana perencanaan pembelajaran untuk peningkatan kecerdasan interpersonal melalui bermain peran pada kelompok A di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Gumukrejo, Karangsono, Bangsalsari, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019. b) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran untuk peningkatan kecerdasan interpersonal melalui bermain peran pada kelompok A di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Gumukrejo, Karangsono, Bangsalsari, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019. c) Bagaimana evaluasi pembelajaran untuk peningkatan kecerdasan interpersonal melalui bermain peran pada kelompok A di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Gumukrejo, Karangsono, Bangsalsari, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah a) Mendiskripsikan perencanaan pembelajaran untuk peningkatan kecerdasan interpersonal melalui bermain peran pada kelompok A di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Gumukrejo, Karangsono, Bangsalsari, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019. b) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran untuk peningkatan kecerdasan interpersonal melalui bermain peran pada kelompok A di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Gumukrejo, Karangsono, Bangsalsari, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019. c).Mendiskripsikan evaluasi pembelajaran untuk peningkatan kecerdasan interpersonal melalui bermain peran pada kelompok A di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Gumukrejo, Karangsono, Bangsalsari, Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Menganalisis Kecerdasan Interpersonal anak melalui bermain peran pada kelompok A di Raudhatul Athfal Nurul Hidayah Gumukrejo, Karangsono, Bangsalsari. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumen. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Perencanaan pembelajaran untuk peningkatan kecerdasan interpersonal melalui bermain peran dilakikan guru yang mengacu pada kompentensi inti, kompentensi dasar, dan indikator perkembangan anak, serta persiapan dalam menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan didalam pembelajaran. 2) Pelaksanaan Pembelajaran untuk peningkatan kecerdasan interpersonal melalui bermain peran dilakukan sesuai dengan rancangan kegiatan mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir, serta penilaian secara optimal. 3) Evaluasi pembelajaran untuk peningkatan kecerdasan interpersonal melalui bermain peran dilakukan disaat awal pembelajaran, proses pembelajaran, dan akhir pembelajaran dengan evaluasi harian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:14
Last Modified: 03 Nov 2022 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14437

Actions (login required)

View Item View Item