Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Tilawati Pada Siswa Kelas 1 A dan 1 B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember

Chamidah, Nur (2019) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Tilawati Pada Siswa Kelas 1 A dan 1 B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Nur Chamidah_T20154047.pdf - Submitted Version

Download (51MB)

Abstract

Pendidikan religi anak usia dini dapat dilakukan secara formal dan nonformal melalui pendidikan disekolah, keluarga, maupun lingkungan sekolah masyarakat, salah satu bentuknya adalah pendidikan disekolah yang berupa baca tulis qur’an (BTQ). Program baca tulis qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 06 yang bertujuan agar pembelajaran yang diberikan dapat membantu siswa yang belum belajar Al-Qur’an bisa segera mengenal dan mempelajarinya. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Al- Qur’an dengan menggunakan metode tilawati pada siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember ? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al- Qur’an dengan menggunakan metode tilawati pada siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember ? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode tilawati pada siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember ? Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode tilawati pada siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode tilawati pada siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember ?. (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode tilawati pada siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 06 Jember ? Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian field reserch dan penentuan subyek penelitian menggunakan Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil Penelitian: (1) Perencanaan yang digunakan guru dalam menerapkan meode Tilawati ini adalah penetuan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, alokasi waktu, media pembelajaran, dan metode pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an seperti kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup (3) Evaluasi dalam pembelajaran ini menggunakan dua jenis evaluasi, yaitu evaluasi formatif dan sumatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:14
Last Modified: 03 Nov 2022 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14438

Actions (login required)

View Item View Item