Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana

Lutfiyatin Najwa, Irma (2022) Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi watermark (Irma Lutfiyatin Najwa).pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan guru untuk menguasai tiga pengetahuan, yaitu pengetahuan teknologi, pengetahuan pedagogik, dan pengetahuan materi. Ketiga pengetahuan tersebut dinamakan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). TPACK merupakan suatu pengetahuan dalam mengintegrasikan tiga komponen utama dalam proses pembelajaran, yaitu pengetahuan teknologi, pengetahuan pedagogik, dan pengetahuan materi. Model TPACK ini digunakan untuk mendeskripsikan pengetahuan guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran tematik karena komponen TPACK merupakan bagian dari kompetensi profesional yang tercantum dalam standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.
Fokus pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Technological Knowledge (TK) guru pada pembelajaran tematik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana?, 2) Bagaimana Pedagogical Knowledge (PK) guru pada pembelajaran tematik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana?, 3) Bagaimana Content Knowledge (CK) guru pada pembelajaran tematik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data lapangan interaktif model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Technological Knowledge (TK) guru pada pembelajaran tematik kelas V yaitu: a) menggunakan perangkat keras seperti laptop, LCD proyektor, dan b) perangkat lunak seperti microsoft word, microsoft excel, dan microsoft power point; 2) Pedagogical Knowledge (CK) guru pada pembelajaran tematik kelas V yaitu: a) manajemen kelas dengan mengkondisikan peserta didik sebelum kegiatan pembelajaran dan menerapkan metode pembelajarana yang menarik, b) perencanaan pembelajaran dengan menyiapkan silabus, RPP dan media power point, 3) melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan tiga tahapan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, d) melakukan evaluasi pembelajaran pada tiga aspek, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan; 3) Content Knowledge (CK) guru pada pembelajaran tematik kelas V yaitu: a) pengetahuan terhadap konten yaitu dengan menggunakan sumber belajar bervariasi, b) menjelaskan materi pelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan media power point, c) memberikan contoh yang relevan terhadap materi yang dibahas dengan memberikan contoh berupa gambar dan video.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irma Lutfiyatin Najwa
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:58
Last Modified: 03 Nov 2022 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14440

Actions (login required)

View Item View Item