Penerapan Model Make A Match pada Pembelajaran Tematik Materi Perkalian Kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Sa’diyah, Siti Jauharotus (2019) Penerapan Model Make A Match pada Pembelajaran Tematik Materi Perkalian Kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Siti Jauharotus Sa’diyah_T20154024.pdf - Submitted Version

Download (12MB)

Abstract

Pemilihan metode/model pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini sebagaimana yang terjadi oleh sebagian besar peserta didik kelas 3 di MIN 4 Jember. Hasil observasi awal peneliti, yaitu dari 67 peserta didik kelas 3, untuk nilai perkalian pada awal mulanya rata-rata 55% masih belum menguasai perkalian. Salah satu strategi/model pembelajaran untuk mengatasi materi perkalian tersebut sebagaimana yang sudah diterapkan oleh guru kelas 3 di MIN 4 Jember adalah menggunakan model make a match. Model make a match dipilih karena merupakan alternatif yang dapat digunakan guru dalam upaya menjadikan suasana kelas menjadi kondusif, peserta didik berperan aktif, meningkatkan sikap kerja sama peserta didik, memberdayakan potensi peserta didik dalam memahami pelajaran. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penerapan model make a match pada pembelajaran tematik materi perkalian kelas 3. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: Mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penerapan model make a match pada pembelajaran tematik materi perkalian kelas 3. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan study kasus. Menentukan subyek penelitian menggunakan metode purposive sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis datanya menggunakan analisis data model Miles, Huberman dan Johny Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tektik. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu; 1) Perencanaan Penerapan Model Make A Match Pada Pembelajaran Tematik Materi Perkalian Kelas 3 yaitu; a) Guru mempersiapkan promes, silabus bersama guru-guru kelas lain yang didampingi oleh guru waka kurikulum dan kepala sekolah setiap awal semester b) Guru menyiapkan RPP terlebih dahulu sebelum mengajar agar sesuai dengan yang diinginkan c) Guru menyiapkan media pembelajaran berupa kartu yang berisikan sebuah pertanyaan dan jawaban; 2) Pelaksanaan Penerapan Model Make A Match Pada Pembelajaran Tematik Materi Perkalian Kelas 3 sebagai berikut: a) Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi soal dan jawaban; b) Guru membagikan kertu soal dan jawaban kepada peserta didik; c) Guru meminta peserta didik untuk mencari pasangan kartu yang didapat; 3) Evaluasi Penerapan Model Make A Match Pada Pembelajaran Tematik Materi Perkalian Kelas 3 meliputi: a) Evaluasi Harian dalam bentuk tes tulis, dan hafalan perkalian; b) Evaluasi Formatif dalam bentuk tes tulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:14
Last Modified: 03 Nov 2022 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14441

Actions (login required)

View Item View Item