Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Bermain Balok Di Raudhatul Athfal Al-Khoirat Kawangrejo Mumbulsari Jember

Aisyah, Siti (2019) Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Bermain Balok Di Raudhatul Athfal Al-Khoirat Kawangrejo Mumbulsari Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Siti Aisyah_T201511017.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Usia dini merupakan usia mengalami pertumbuhan dan perkembangan pesat, usia dini merupakan usia dimana preode awal yang paling penting untuk membimbing dan melatih agar menjadi manusia yang sempurna. Maka dari itu pendidiakan adalah pemberian upaya untuk membimbing dan mengasuh serta memberi kegiatan pembelajaran yang akan menhasilkan kemampuan dan keterampilan baik koginitf, motorik baik morik kasar maupun halus. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana cara mengembangkan kognitif anak melalui permainan balok di Raudlatul Athfal Al-Khoirat Kawangrejo Mumbulsari Jember? (2) Bagaimana Upaya guru dalam mengembangkan Kognitif Anak Melalui Bermain Balok Di Raudhatul Athfal Al-Khoirat Kawangrejo Mumbulsari Jember? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan cara mengembangkan kognitif anak melalui bermain balok di Raudlatul Athfal Al-Khoirat Kawangrejo Mumbulsari Jember. (2) Untuk mendeskripsikan upaya mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui permainan balok pada anak RA Al-Khoirat Kawangrejo Mumbulsari Jember Adapun pendekatan yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriftif kualitatif. Sumber datanya adalah informan yang mengetahui tentang penelitian ini adalah: kepala sekolah, guru, wali murid. Teknik pengumpulan data mengggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan model Melles Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa di RA Al-Khoirat cara mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini sangat baik terbukti dengan adanya penggunaan strategi dan metode saat mengajar sangat menyenangkan seperti bermain yang menggunakan media balok, begitu juga dalam upaya mengembangkan kemampuan kognitif anak bisa dikatakan baik karena dengan adanya langkah-langkah yang diupayakan oleh guru sangat bervatiatif seperti memberi reward serta meberikan rangsangan agar menjadi senang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:14
Last Modified: 03 Nov 2022 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14443

Actions (login required)

View Item View Item