MANAJEMEN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS IT DAN KURRASAH AT THORIQOH AL-HAMIDIYAH FI TAHSINIL KITABAH AL-I’TIYADIYAH DI SMP PLUS DARUS SHOLAH JEMBER

Nisa', Qonitatun (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS IT DAN KURRASAH AT THORIQOH AL-HAMIDIYAH FI TAHSINIL KITABAH AL-I’TIYADIYAH DI SMP PLUS DARUS SHOLAH JEMBER. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
TESIS QONITATUN NISA’.pdf

Download (8MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan sumber utama ajaran agama Islam dan pedoman hidup bagi setiap muslim. Al-Qur’an bukan sekedar memuat petunjuk tentang hubungan manusia dengan Tuhan, tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan sesamanya, serta manusia dengan alam sekitarnya. Untuk memahami ajaran Islam secara sempurna (kaffah), diperlukan pemahaman terhadap kandungan Al-Qur’an. Dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari secara sungguh sungguh dan konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an menggunakan Media Pembelajaran Berbasis IT (Information Technology) dan Kurrasah At Thoriqoh Al-Hamidiyah Fi Tahsinil Kitabah Al-I’tiyadiyah Di Smp Plus Darussholah Jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an menggunakan Media Pembelajaran Berbasis IT (Information Technology) dan Kurrasah At Thoriqoh Al-Hamidiyah Fi Tahsinil Kitabah Al-I’tiyadiyah Di Smp Plus Darussholah Jember?.3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an menggunakan Media Pembelajaran Berbasis IT (Information Technology) dan Kurrasah At Thoriqoh Al-Hamidiyah Fi Tahsinil Kitabah Al-I’tiyadiyah Di Smp Plus Darussholah Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisisnya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian ini adalah : pertama, perencanaan yang dipersiapkan sebelum pembelajaran yaitu meliputi tujuan, materi pembelajaran, media dan metode, juga alokasi waktu. kedua, pelaksanaan pembelajaran BTQ dengan media berbasis IT yaitu 1) kegiatan awal: meliputi salam membaca doa. 2) kegiatan inti: Program Muqoddam, Makhorijul huruf dan tajwid, hukum bacaan, pencarian ayat atau tema. 3) kegiatan penutup: meliputi penyampaian evaluasi menyeluruh tentang kegiatan pembelajaran yang sudah berlangsung pada saat itu ditutup dengan doa dan salam. Kemudian pelaksanaan pembelajaran BTQ dengan Kurrasah At Thoriqoh Al-Hamidiyah Fi Tahsinil Kitabah Al-I’tiyadiyah yaitu 1) kegiatan awal: meliputi salam membaca doa dan menyiapkan alat belajar. 2) kegiatan inti: mengenalkan anatomi huruf hijaiyyah kemudian mengenalkan huruf tunggal, huruf yang berada di tengah kemudian di akhir. 3) kegiatan penutup: meliputi penyampaian evaluasi menyeluruh tentang kegiatan pembelajaran yang sudah berlangsung pada saat itu ditutup dengan doa dan salam. Ketiga, Evaluasi pembelajaran BTQ dengan media berbasis IT yaitu menggunakan evaluasi formatif, dan evaluasi pembelajaran BTQ dengan Kurrasah At Thoriqoh Al-Hamidiyah Fi Tahsinil Kitabah Al-I’tiyadiyah menggunakan evaluasi sumatif.
Kata kunci: Pembelajaran BTA, Media berbasis IT, Kurrasah At Thoriqoh Al-Hamidiyah Fi Tahsinil Kitabah Al-I’tiyadiyah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190501 Crafts
Depositing User: Qonitatun Qonitatun Nisa'
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:46
Last Modified: 03 Nov 2022 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14447

Actions (login required)

View Item View Item