Penggunaan Media Pembelajaran Cemuna (Celemek Multiguna) Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Ra Adz-Dzikir Rowo Indah Ajung Jember.

Hasanah, Titin Wardatul (2019) Penggunaan Media Pembelajaran Cemuna (Celemek Multiguna) Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Ra Adz-Dzikir Rowo Indah Ajung Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Titin Wardatul Hasanah_T201511009.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Anak usia dini pada khususnya di RA Adz-Dzikir Rawa Indah Ajung Jember juga masih memiliki daya kreativitas yang rendah. Hal ini dapat dilihat dari Coretan yang dihasilkan anak masih berkesan umum dan menampilkan gambar yang sama setiap pengerjaan tugas menggambar. Oleh sebab itu media celemek diharapkan mampu meningkatkan kreativitas anak usia dini. Media celemek multiguna merupakan media pembelajaran anak yang dibuat dari kain flannel. Fokus penelitian terdiri dari: 1) Bagaimana proses pembelajaran menggunakan media cemuna (Celemek Multiguna) dalam meningkatkan kreatifitas anak usia dini di RA Adz-Dzikir Rowo Indah Ajung Jember? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat peroses pembelajaran mengguunakan media cemuna dalam meningkatkan kreatifitas anak usia dini di RA-Adzikir Rowo Indah Ajung Jember? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode atau teknik, serta analisis datanya adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses pembelajaran menggunakan media cemuna (Celemek Multiguna) dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di RA Adz-Dzikir Rowo Indah Ajung Jember yaitu: a) Perencanan RPPH yang memuat anatara lain: (1) kompetensi dasar (2) tujuan pembelajaran (3) indikator pencapaian (4) materi ajar (5) alokasi waktu (6) metode pembelajaran (7) media pembelajara (8) sumber belajar dan (9) hasil belajar atau evaluasi pembelajaran. Bahan-bahan tersebut meliputi: (1) kain flanel atau kain lainnya (2) jarum dan benang) (3) kartu (angka, huruf dan gambar) (4) buku cerita (5) kertas (6) gunting dan juga (7) lem atau perekat. b) Pelaksanaan pembelajaran 2-3 kali dalam seminggu dan media celemek multiguna dapat digunakan ke beberapa mata pelajaran atau tema pelajaran seperti buah-buahan, hewan dan sayuran. Pembelajaran di RA Adz-Dzikir berdurasi 190 menit. Terdapat beberapa jenis media celemek multiguna yaitu 1) celemek gambar 2) celemek angka 3) celemek cerita. c) Evaluasi pembelajaran RA Adz-Adzikir Rowo Indah Ajung Jember. (1) evaluasi tulisan (2) evaluasi lisan. 2) Faktor mendukung adalah: (a) lingkungan yang nyaman (b) memberikan keleluasaan pada anak untuk belajar sendiri (c) guru memberikan apresiasi kepada peserta didik (d) guru atau orang tua menghormati pertanyaan atau gagasan dari anak (e) memberikan waktu yang lebih (f) orang tua membantu kesulitan yang anak hadapi. Faktor penghambat adalah: (a) lingkungan kurang nyaman (b) persaingan antar siswa yang terlalu ketat (c) pemberian hadiah yang berlebihan dan terlalu sering (d) orang tua kurang sabar menghadapi anak (e) orang tua yang terlalu mengatur atau mengekang anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:13
Last Modified: 03 Nov 2022 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14448

Actions (login required)

View Item View Item