Pengembangan Permainan Edukatif Kartu Bridge Berbasis Audio Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Sub Bab Lapisan Atmosfer Kelas VII SMP/MTs

Nurjanah, Evy Triani (2022) Pengembangan Permainan Edukatif Kartu Bridge Berbasis Audio Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Sub Bab Lapisan Atmosfer Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
(SKRIPSI) EVY TRIANI T201810020, TADRIS IPA.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penggunaan komponen pembelajaran secara maksimal akan sangat membantu guru
dalam tercapainya tujuan pembelajaran dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, salah
satu komponen pembelajaran yang berperan penting untuk membantu penyampaian materi
pelajaran kepada siswa adalah media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang
tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa, akan menciptakan suasana belajar yang aktif dan
menyenangkan bagi siswa. Namun berdasarkan hasil observasi pada kelas VII di MTs Wahid
Hasyim Jember, penggunaan media pembelajaran kurang maksimal khususnya pada
penyampaian materi yang bersifat konseptual seperti materi lapisan atmosfer sehingga
suasana belajar cenderung pasif dan siswa yang mudah merasa bosan selama belajar. Dengan
dilakukannya penelitian dan pengembangan ini mengahsilkan media pembelajaran berupa
permainan edukatif kartu bridge berbasis audio, dapat menjadi upaya dalam menciptakan
suasana belajar yang aktif serta dapat meningkatkan antusias belajar siswa pada kelas VII di
MTs Wahid Hasyim Jember.
Mengacu pada permasalahan di atas, ditetapkan rumusan masalah sebagai berikut :
(1) Bagaimana validitas media pembelajaran IPA yang dikembangkan?, (2) Bagaimana
respons siswa terhadap media pembelajaran IPA yang telah dikembangkan?. Sesuai dengan
rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Dapat
mendeskripsikan validitas media pembelajaran IPA yang dikembangkan, (2) Dapat
mendeskripsikan respons siswa terhadap media pembelajaran IPA yang telah dikembangkan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (Research
and Development) dengan penggunaan model pengembangan Dick and Carrey yang
dilaksanakan sampai pada langkah evaluasi formatif, dikarenakan keterbatasan waktu
penelitian. Produk yang telah selesai dikembangkan kemudian akan divalidasi oleh validator
ahli materi, ahl media, dan ahli pengguna, hasil revisi produk yang telah divalidasi kemudian
melalui tahapan uji coba lapangan untuk mengetahui respons siswa terhadap produk hasil
penelitian dan pengembangan. Subjek uji coba skala kecil dilakukan terhadap 10 orang siswa
kelas VIIA serta uji coba skala besar terhadap 30 orang siswa kelas VIIA MTs Wahid
Hasyim Jember.
Hasil penelitian dan pengembangan ini dinyatakan dalam nilai presentase sebagai
berikut : (1) Penilaian dari validator ahli materi sebesar 92%, penilaian dari validator ahli
media sebesar 93%, penilaian dari validator ahli pengguna sebesar 92%. Berdasarkan hasil
penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa, nilai validitas media pembelajaran hasil
penelitian dan pengembangan dinyatakan sangat valid. (2) Penilaian dari uji respons peserta
didik skala kecil sebesar 89%, penilaian dari uji respons peserta didik skala besar sebesar
91%. Berdasarkan hasil uji respons peserta didik tersebut dappat disimpulkan bahwa, media
pembelajaran hasil penelitian dan pengembangan berupa permainan edukatif kartu bridge
berbasis audio dinyatakan sangat menarik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran
khususnya pada materi lapisan atmosfer.
Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran IPA, Permainan Edukatif, Kartu Bridge
Berbasis Audio, Lapisan Atmosfer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Evy Triani Nurjanah
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:34
Last Modified: 03 Nov 2022 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14450

Actions (login required)

View Item View Item