Pengaruh Ekstrakurikuler Kepramukaan Terhadap Sikap Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.

Qorina, Zulfia Al (2019) Pengaruh Ekstrakurikuler Kepramukaan Terhadap Sikap Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Zulfia Al Qorina_T20154039.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Kepramukaan merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis. Pramuka dilakukan di alam terbuka dengan sasaran akhirnya adalah pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan inilah siswa dibiasakan dan dilatih untuk berperilaku disiplin dan bertanggung jawab. Secara umum yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah ekstrakurikuler kepramukaan berpengaruh terhadap sikap disiplin dan tanggung jawab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? Adapun secara khusus yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: 1) apakah ekstrakurikuler kepramukaan berpengaruh terhadap sikap disiplin siswa? 2) apakah ekstrakurikuler kepramukaan berpengaruh terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? Tujuan umum penelitian ini adalah mengetahui pengaruh ekstrakurikuler kepramukaan terhadap sikap disiplin dan tanggung jawab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Sementara itu, tujuan khususnya adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh ekstrakurikuler kepramukaan terhadap sikap disiplin siswa dan 2) pengaruh ekstrakurikuler kepramukaan terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan analisis korelasi Product Moment. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh antara ekstrakurikuler kepramukaan terhadap sikap disiplin dan tanggung jawab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Hasil perhitungan pengaruh ekstrakurikuler kepramukaan terhadap sikap disiplin siswa diperoleh nilai rhitung sebesar 0,029 dan rtabel sebesar 0,134. Karena rhitung (0,029) < rtabel (0,134), H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya, bahwa tidak terdapat pengaruh antara ekstrakurikuler kepramukaan terhadap sikap disiplin siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Sementara itu, hasil perhitungan pengaruh ekstrakurikuler kepramukaan terhadap sikap tanggung jawab siswa diperoleh nilai rhitung sebesar 0,087 dan rtabel sebesar 0,134. Karena rhitung (0,087) < rtabel (0,134), H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya, bahwa tidak terdapat pengaruh antara ekstrakurikuler kepramukaan terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:13
Last Modified: 03 Nov 2022 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14451

Actions (login required)

View Item View Item