Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Jiwa Entrepreneurship siswa Melalui Program SMK mini di SMK Al-Azhar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2018/2019.

Syafa’ah, Lailatus (2019) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Jiwa Entrepreneurship siswa Melalui Program SMK mini di SMK Al-Azhar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Lailatus Syafa’ah_084143017.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Kepala sekolah adalah seseorang yang mempunyai jabatan dan pengaruh tertinggi di sekolah, dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 mengenai standar kepala sekolah/madrasah menegaskan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki dimensi kompetensi, salah satunya adalah kompetensi kewirausahaan. SMK Mini adalah program yang diterapkan oleh kepala SMK Al-Azhar dalam kepemimpinannya untuk membangun jiwa entrepreneurship (kewirausahaan) siswa. Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam membangun Jiwa kreatif siswa melalui program SMK mini di SMK Al-Azhar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2018/2019; 2. Bagaimana Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam membangun tim kreatif disekolah melalui program SMK mini di SMK Al-Azhar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2018/2019; 3. Bagaimana Kepemimpinan Kepala sekolah dalam memecahkan masalah secara kreatif melalui program SMK mini di SMK Al-Azhar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam membangun Jiwa kreatif siswa melalui program SMK Mini di SMK Al-Azhar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019; 2. Mendeskripsikan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam membangun tim kreatif disekolah melalui program SMK Mini di SMK Al-Azhar Kecamatan Bngsalsari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019; 3. Mendeskripsikan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam memecahkan masalah secara kreatif melalui program SMK Mini di SMK Al-Azhar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif Dengan Jenis Penelitian Deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini, Data dianalisis dengan menggunakan beberapa langkah sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification).Sedangkan dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa kepala sekolah membangun jiwa kreatif siswa meliputi: 1) Memelihara kebiasaan kreatif dengan membiasakan membaca, membiasakan berfikir, serta berani melakukan hal baru dan berbeda. 2) Mengembangkan berbagai pengetahuan siswa dengan menyisipkan materi dan pengetahuan ke dalam praktek SMK Mini. 3) Menanamkan keberanian dalam segala hal yang positif, berani 4) Mempromosikan kolaborasi dengan mengadakan pameran dan launching. Membangun tim kreatif meliputi: 1) Membuat semua tim mengetahui apa tujuan SMK Mini. 2) Mengetahui peran dan tugasnya didalam tim. 3) Memberi keyakinan bahwa partisipasi tim merupakan metode mencapai keberhasilan. Memecahkan masalah secara kreatif meliputi: 1) Menemukan fakta dan masalah di lapangan dengan mengintruksi tegas untuk terjun langsung mengikuti kegiatan pelatihan SMK Mini serta mencatat fakta, masalah yang ditemui sebagai bahan diskusi. 2) Menemukan solusi dan jawaban dengan mengadakan diskusi dan musyawarah mengenai fakta dan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:13
Last Modified: 03 Nov 2022 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14453

Actions (login required)

View Item View Item