Pembinaan kompetensi guru melalui strategi pelatihan di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kalisat Kabubaten Jember

ASHARI, HASIM (2019) Pembinaan kompetensi guru melalui strategi pelatihan di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kalisat Kabubaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
HASIM ASHARI_084143002.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Kompetens Guru dapat didefinisikan kemampuan seorang guru di sekolah untuk menguasai dan memimpin proses belajar mengajar di kelas dimana terjadi interaksi antara guru yang memberi ilmu atau pelajaran dan murid yang menerima pelajaran pembinaan kompetensi guru benar- benar diharapkan untuk meningkatkan kompetensinya dengan memberi berbagai pelatihan, motivasi dan inspirasi untuk para guru dengan tujuan bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Pembinaan Kompetensi Guru di Bidang Pedagogik Melalui Strategi Pelatihan di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kecamatan Kalisat Kabubaten Jember? 2) Bagaimana Pembinaan Kompetensi Guru di Bidang Kepribadian Melalui Strategi Pelatihan di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kecamatan Kalisat Kabubaten Jember? 3) Bagaimana Pembinan Kompetensi Guru di Bidang Sosial Melalui Strategi Pelatihan di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kecamatan Kalisat Kabubaten Jember? 4 ) Bagaimana Pembinaan Kompetensi Guru di Bidang Profesional Melalui Strategi Pelatihan di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kecamatan Kalistan Kabubaten Jember? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Pembinaan Kompetensi Guru di Bidang Pedagogik Melalui Strategi Pelatihan di MA Miftahul Ulum Kecamatan Kalisat Kabubaten Jember 2) Pembinaan Kompetensi Guru di Bidang Kepribadian Melalui Strategi Pelatihan di MA Miftahul Ulum Kecamatan Kalisat Kabubaten Jember. 3) Pembinaan Kompetensi Guru di Bidang Sosial Melalui Strategi Pelatihan di MA Miftahul Ulum Kecamatan Kalisat Kabubaten Jember. 4) Pembinaan Kompetensi Guru di Bidang Profesional Melalui Strategi Pelatihan di MA Miftahul Ulum Kecamatan Kalisat Kabubaten Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif diskriptif. Analisis data Menggunakan deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Data analisis menggunakan teknik redusi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dan tenik keabsahaan data menggunakan trungulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembinaan Kompetensi Guru di Bidang Pedagogik Melalui Strategi Pelatihan di MA Miftahul Ulum Kecamatan Kalisat Kabubaten Jember dalam meningkatkan Kompetensi Pedagogik melalui strategi Pelatihan adalah kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dengan mengadakan Workshop internal yang terjadwal setiap bulan dan In House Training yang mana Guru madrasah saling memberi wawasan terhadap guru-guru yang masih kemampuannya kurang dan kepala madrasah menyarankan guru mengikuti pelatihan- pelatihan di luar madrsah sesuai bidangnya masing- masing. 2) Pembinaan Kompetensi Guru di Bidang Kepribadian melalui Strategi Pelatihan di MA Miftahul Ulum Kecamatan Kalisat Kabubaten Jember dengan memberikan pemahaman kepribadian yang harus dimiliki guru di Worshop internal madrasah dilaksankan dan kepala madrasah memberikan keteladanan dalam keseharian di lingkungan madrasah untuk membangkitkan para guru dan staf, pegawai madrasah dalam menjalankan tugas sebagai guru yang memiliki kewibawaan, Akhlak yang mulia. 3) Pembinaan Kompetensi Guru di Bidang Sosial Melalui Strategi Pelatihan di MA Miftahul Ulum Kecamatan Kalisat Kabubaten Jember dalam meningkatkan kompetensi social dengan melalui strategi pelatihan adalah kepala madrasah memberi pemahaman tentang kemampuan social guru di Workshop internal madrasah di laksanakan dan memberikan keteladanan dalam keseharian di lingkungan madrasah untuk meningkatkan keakraban sesama guru dan bisa berkomunikasi dengan baik kepada siswa maupun kepada orang tua siswa ketika rapat wali murid maupun rapat para guru. 4 ) Pembinaan Kompetensi Guru di Bidang Profesional Melalui Strategi Pelatihan di MA Miftahul Ulum Kecamatan Kalisat Kabubaten Jember dalam meningatkan kompetensi professional dengan strategi pelatihan adalah kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di bidang professional Memberikan pelatihan internal yaitu diadakannya Workshop internal Madrsah secara terjadwal setiap bulan dengan penyampain isi materi terkait kompetensi professional seperti penguasaan materi dan perangkat pembelajaran. Dan mengadakan pelatihan kemitraan madrasah yaitu bekerja sama dengan MAN ( madrasah Negeri ), kepala madrasah memilih guru yang layak untuk mengikuti apa yang diadakan di MAN ( Madrasah Negeri ), serta kepala madrasah secara personal menyarankan para guru untuk mengikuti pelatiha- pelatihan di luar madrasah yang sesuai dengan kompetensinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:12
Last Modified: 03 Nov 2022 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14454

Actions (login required)

View Item View Item