Peran Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMK Inklusi TPA (Taman Pendidikan dan Asuhan) Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

wati, Mega (2019) Peran Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMK Inklusi TPA (Taman Pendidikan dan Asuhan) Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Megawati_T20151329.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

SMK Inklusi TPA Jember merupakan sekolah inklusi yang berada di Desa Bintoro Kecamatan Patrang, peneliti mengambil judul ini karena di SMK Innklusi TPA memiliki kompetensi pedagogik sangat baik sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji pada SMK Inklusi TPA Jember. Guru yang ada di sekolah SMK Inklusi TPA mampu dalam mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, merancangan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu; 1) Bagaimana peran kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar akademik peserta didik di SMK Inklusi TPA Jember?, 2) Bagaimana evaluasi kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar peserta didik di SMK Inklusi TPA (Taman Pendidkan dan Asuhan) Jember Tujuan penelitian ini: untuk mendeskripsikan peran kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar akademik peserta didik di SMK Inklusi TPA Jember. Untuk mendeskripsikan evaluasi kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar peserta didik di SMK Inklusi TPA (Taman Pendidkan dan Asuhan) Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field resech). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada saat penelitian di lapangan yaitu; Observasi partisipasif, wawancara semi tertruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan model interaktif Miles dan Huberman mulai dari Data collection (pengumpulan data), data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data), conclusions Drawing/ Verifying (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triagulasi teknik dan triagulasi sumber. Hasil penelitian: 1) peran kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar akademik peserta didik, yaitu: kemampuan seorang guru dalam mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik sudah baik, kemampuan guru dalam merancangan sudah cukup baik, kemampuan guru dalam melaksanaan pembelajaran sudah sangat baik, kemampuan guru dalam mengevaluasi hasil belajar, dan kemampuan dalam mengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. 2) evaluasi kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar peserta didik yang ada di lingkungan SMK Inklusi TPA Jember yaitu: Dimana evaluasi kompetensi pedagogik ini terhadap prestasi belajar peserta didik yaitu dilakukan dengan tes, dimana hasil tes tersebut tertuang dalam sebuah rapord yang dibagikan pada setiap akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:12
Last Modified: 03 Nov 2022 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14455

Actions (login required)

View Item View Item