Implementasi Trilogi Ki Hadjar Dewantara dalam kepemimpinan Kepala Sekolah Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang.

AMIRUDIN, MOHAMMAD (2019) Implementasi Trilogi Ki Hadjar Dewantara dalam kepemimpinan Kepala Sekolah Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MOHAMMAD AMIRUDIN_084 133 013.pdf - Submitted Version

Download (18MB)

Abstract

Peranan kepala sekolah begitu sangat penting dalam rangka meningkatkan kinerja guru, karena dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya mutu pendidikan itu sendiri. Berbicara tentang kepemimpinan, penulis teringat dengan Ki Hadjar Dewantara, Tokoh nasional yang sangat peduli dengan pendidikan dan karena jasa-jasanya di bidang pendidikan sehingga tanggal lahir Ki Hadjar Dewantara Fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu; 1) Bagaimana implementasi Ing Ngarso Sung Tuladha Ki Hadjar Dewantara dalam kepemimpinan kepala Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang? 2) Bagaimana implementasi Ing Madya Mangun Karsa Ki Hadjar Dewantara dalam kepemimpinan kepala Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang? 3) Bagaimana implementasi Tut Wuri Handayani Ki Hadjar Dewantara dalam kepemimpinan kepala Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang? Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan implementasi Ing Ngarsa Sung Tulada Ki Hadjar Dewantara dalam kepemimpinan kepala sekolah di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. 2) Mendeskripsikan implementasi Ing Madya Mangun KarsaKi Hadjar Dewantara dalam kepemimpinan kepala sekolah di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. 3) Mendeskripsikan implementasi Tut Wuri Handayani Ki Hadjar Dewantara dalam kepemimpinan kepala sekolah di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipatif, wawancara tidak terstuktur dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis data model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini yaitu:1) bentuk implementasi sikap kepemimpinan Ing Ngarsa Sung Tuladha seperti: Kepala sekolah mengedepankan sikap disiplin waktu, Memiliki sikap tegas dan Kepala sekolah tidak hanya lugas dala bicara, namun juga sergap dalam bertindak. 2) sikap Ing Madya Mangun Karsa menunjukkan seorang pemimpin seperti: membangkitkan semangat guru dalam mengajar dan kepala sekolah selalu dekat dengan guru guru. Komunikasi yang diterapkan oleh kepala sekolah Madrasah Aliyah Negeri Lumajang adalah komunikasi dua arah. 3) hasil penerapan Tut Wuri Handayani sudah menunjukkan sikap pemimpin seperti: Kepala sekolah memotivasi guru dan Kepala sekolah memotivasi langsung peserta didik dalam kegiatan ekstra kurikuler dan intra kurikuler.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:12
Last Modified: 03 Nov 2022 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14456

Actions (login required)

View Item View Item