Studi Komparatif Tentang Akhlak Siswa Kukusan Madrasah Tsanawiyah Dan Lulusan Sekolah Menengah Pertama Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Situbondo

Indah Rizqiyatul, Wasi'ah (2022) Studi Komparatif Tentang Akhlak Siswa Kukusan Madrasah Tsanawiyah Dan Lulusan Sekolah Menengah Pertama Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indah Rizqiyatul WATERMAK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indah Rizqiyatul Wasi’ah, 2022; Studi Komparatif Tentang Akhlak Siswa Lulusan Madrasah Tsanawiyah dan Lulusan Sekolah Menengah Pertama Kepada Guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Situbondo.

Kata Kunci: Akhlak, Siswa SMP dan MTs

Membandingkan dengan pengamatan sementara di Madrasah Aliyah Negeri 2 Situbondo bahwa masih adanya akhlak siswa dari Madrasah Tsanawiyah kepada guru yang kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala yaitu masih adanya siswa yang berbicara kepada temannya ketika guru menjelaskan, masih adanya siswa yang tidak meminta izin terlebih dahulu sebelum bertanya, masih adanya siswa yang tidak menegur guru ketika berpapasan. Sementara siswa dari Sekolah Menengah Pertama memiliki gejala-gejala yaitu banyak siswa yang mendengarkan ketika guru menjelaskan, sebagian besar siswa meminta izin terlebih dahulu sebelum bertanya, sebagian besar siswa menyapa guru ketika berpapasan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada perbedaan yang signifikan antara akhlak siswa lulusan Madrasah Tsanawiyah dan lulusan Sekolah Menengah Pertama di Madrasah Aliyah Negeri 2 Situbondo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara akhlak siswa lulusan Madrasah Tsanawiyah dan lulusan Sekolah Menengah Pertama di Madrasah Aliyah Negeri 2 Situbondo.
Penelitian yang akan dilakukan ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan jenis penelitian komparatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tekhnik random sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisisi data menggunakan uji independent sample t-test.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis yang menunjukkan bahwa variabel Akhlak siswa diketahui tingkat nilai signifikansi sebesar 0,033 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima yaitu ada perbedaan yang signifikan antara akhlak siswa lulusan Madrasah Tsanawiyah dan lulusan Sekolah Menengah Pertama di Madrasah Aliyah Negeri 2 Situbondo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions
Depositing User: Indah Rizqiyatul Wasi'ah
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:30
Last Modified: 03 Nov 2022 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14459

Actions (login required)

View Item View Item