Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Tutor Sebaya pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII C di MTs Darul Hikmah Tamansari Jember Tahun Ajaran 2019/2020.

HABIBIL AHKAM, ANANDA MAULA (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Tutor Sebaya pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII C di MTs Darul Hikmah Tamansari Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ANANDA MAULA HABIBIL AHKAM_T20157010.pdf - Submitted Version

Download (10MB)

Abstract

2019/2020. Salah satu faktor penunjang keberhasilan dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika adalah model pembelajaran. Model pembelajaran diharapkan bisa melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dengan metode tutor sebaya merupakan suatu metode yang memanfaatkan teman sebaya yang telah berhasil mencapai kompetensi tertentu dan serta mampu melatih temannya dalam kelompok kecil berkemampuan berbeda untuk saling bekerjasama mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripiskan: 1) Perencanaan model pembelajaran kooperatif dengan metode tutor sebaya pada materi bilangan bulat kelas VII C di MTs Darul Hikmah Tamansari Jember, 2) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif dengan metode tutor sebaya pada materi bilangan bulat kelas VII C di MTs Darul Hikmah Tamansari Jember, 3) Evaluasi model pembelajaran kooperatif dengan metode tutor sebaya pada materi bilangan bulat kelas VII C di MTs Darul Hikmah Tamansari Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subyek penelitian ini adalah Guru Matematika dan Siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui empat tahapan yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. keabsahan data menggunkan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan yang digunakan guru yaitu mempersiapkan instrumen dalam pembelajaran diantaranya silabus dan RPP. Silabus yang digunakan guru sudah sesuai dengan kriteria yang disiapkan oleh pusat. Menyiapkan RPP yang merupakan penjabaran dari silabus dan menggunakan sintaks model pembelajaran kooperatif dengan metode tutor sebaya. 2) Pelaksanaan yang digunakan guru sudah sesuai dengan rencana sebelumnya serta memenuhi sintaks model pembelajaran kooperatif dengan metode tutor sebaya. 3) evaluasi yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan Permendikbud Tahun 2013 No 66 yaitu menggunakan 3 penilaian, diantaranya; penilaian pengetahuan, penilaian sikap, dan penilaian keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:12
Last Modified: 03 Nov 2022 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14461

Actions (login required)

View Item View Item