Manajemen Pembelajaran Akselerasi Kitab Kuning Melalui Kitab Nubdzatul Bayan Di Madrasah Tsanawiyah Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo.

Afillah, Sofiyatul (2019) Manajemen Pembelajaran Akselerasi Kitab Kuning Melalui Kitab Nubdzatul Bayan Di Madrasah Tsanawiyah Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Sofiyatul Afillah_T20153002.pdf - Submitted Version

Download (41MB)

Abstract

Manajemen Pembelajaran Akselerasi Kitab Kuning Melalui Kitab Nubdzatul Bayan Di MTs Darul Lughah Wal Karomah sudah menjadi kegiatan yang diterapkan untuk mencerdaskan siswa agar bisa membaca dan memahami kitab kuning dengan sempurna. Kegiatan pembelajaran ini merupakan progam unggulan, untuk menjadi program unggulan tentunya ada proses manajemen yang baik. Fokus masalah yang diteliti adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran akselerasi kitab kuning melalui kitab Nubdzatul bayan di MTs Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran akselerasi kitab kuning melalui kitab Nubdzatul bayan di MTs Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran akselerasi kitab kuning melalui kitab Nubdzatul bayan di MTs Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran akselerasi kitab kuning melalui kitab Nubdzatul bayan di MTs Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo., 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran akselerasi kitab kuning melalui kitab Nubdzatul bayan di MTs Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo., 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran akselerasi kitab kuning melalui kitab Nubdzatul bayan di MTs Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Metode analisis data secara interaktif, dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah: 1) Perencanaan pembelajaran akselerasi kitab kuning melalui kitab nubdzatul bayan di MTs Darul Lughah Wal Karomah ialah melihat kemampuan, pengetahuan serta mengembangakan potensi siswa dengan mengikut sertakan siswa dalam perlombaan, memilih guru yang ahli serta membatasi siswa yang ingin mengikuti pembelajaran akselerasi kitab kuning. 2) Pelaksanaan pembelajaran akselerasi kitab kuning melalui kitab Nubdzatul Bayan di MTs Darul Lughah Wal Karomah ada beberapa metode yaitu: sorogan, ceramah, tanya jawab, dan grammar mehtod, dengan metode tersebut membuat santri cepat memahami dan mengerti pembelajaran kitab kuning.3) Evaluasi pembelajaran akselerasi kitab kuning melalui kitab Nubdzatul Bayan di MTs Darul Lughah Wal Karomah, untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran ini berhasil lembaga menggunakan tes lisan dan tes tulis dan Evaluasi yang akan diterapkan lembaga yakni mengadakan ujian terbuka dari guru luar dengan adanya inovasi ini bertujuan meningkatkan prestasi dan semangat siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:11
Last Modified: 03 Nov 2022 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14462

Actions (login required)

View Item View Item