Pembinaan Moral Siswa Melalui Penanaman Nilai-Nilai Religius di SMKS YP 17 01 Lumajang

Nisa, Khoirotun (2019) Pembinaan Moral Siswa Melalui Penanaman Nilai-Nilai Religius di SMKS YP 17 01 Lumajang. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Khoirotun Nisa_T20151098.pdf - Submitted Version

Download (18MB)

Abstract

Kehidupan remaja saat ini sering dihadapkan pada berbagai masalah yang sangat kompleks yang tentunya sangat perlu untuk mendapatkan perhatian kita semua. Salah satu masalah tersebut yaitu semakin menurunnya tatakrama kehidupan sosial dan etika moral remaja dalam praktik kehidupannya. Hal ini terbukti dengan adanya gejala-gejala atau peristiwa seperti hilangnya rasa hormat anak terhadap orang tua, kenakalan remaja. Pembinaan moral dapat dipandang sebagai suatu wadah untuk membina dan membentuk karakter siswa dalam mengembangkan pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) serta pembiasaan (psikomotorik). Pembinaan moral harus mendorong semua aspek tersebut ke arah pencapaian kesempurnaan hidup berdasarkan nilai-nilai Islam. Maka dari itu, dalam melakukan pembinaan moral siswa juga harus ditanamkan nilai-nilai religius pada siswa. Fokus penelitian skripsi ini meliputi : Pertama, bagaimana bentuk pembinaan moral siswa melalui penanaman nilai-nilai religius di SMKS YP 17 01 Lumajang ? Kedua, bagaiamana metode dalam membina moral siswa melalui penanaman nilai-nilai religius di SMKS YP 17 01 Lumajang ? Ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membina moral siswa melalui penanaman nilai-nilai religius di SMKS YP 17 01 Lumajang ? Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan bentuk, metode, faktor pendukung dan penghambat dalam membina moral siswa melalui penanaman nilai-nilai religius di SMKS YP 17 01 Lumajang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya penelitian lapangan dan subyek penelitian menggunakan purposive, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu 1) Bentuk pembinaan moral siswa melalui penanaman nilai-nilai religius di SMKS YP 17 01 Lumajang yaitu a) membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran b) Pembiasaan membaca salah satu syair c) Pembiasaan membaca literasi d) Pembiasaan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah e) Kegiatan ubudiyah setiap hari jumat. 2) Metode pembinaan moral siswa melalui penanaman nilai-nilai religius di SMKS YP 17 01 Lumajang yaitu a) metode ceramah/nasihat b) Metode Keteladanan c) Metode hukuman. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam membina moral siswa melalui penanaman nilai-nilai religius di SMKS YP 17 01 Lumajang yaitu a) faktor internal semisal tidak ada kegemaran atau tidak memiliki hobi yang sehat contohnya suka main game, kurangnya motivasi dalam diri siswa b) Faktor eksternal baik dari lingkungan keluarga misalnya brokenhome, lingkungan sekolah misalnya kurangnya pengawasan di luar jam sekolah dan lingkungan masyarakat misalnya terdapat masyarakat yang kurang mendukung dalam pembinaan moral anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:11
Last Modified: 03 Nov 2022 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14463

Actions (login required)

View Item View Item