Pengembangan Keterampilan Sosial pada Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

LAURENTIA, SELBY DWI (2019) Pengembangan Keterampilan Sosial pada Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SELBY DWI LAURENTIA_T20151001.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan Keterampilan Sosial pada Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra di Dalam kehidupan di masyarakat anak dituntut untuk bisa hidup di tengah lingkungan masyarakat. Hal itu di jalankan melalui keterampilan sosial. Dalam pengembangan keterampilan sosial pada kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra, siswa Paskibra telah mampu mengembangkan keterampilan sosial tersebut dalam beberapa kegiatan. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah 1) Bagaimana pengembangan keterampilan untuk hidup dan bekerja sama pada kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pengembangan keterampilan untuk mengontrol diri dan orang lain pada kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana pengembangan keterampilan untuk saling berinteraksi, saling bertukar pikiran, dan pengalaman pada kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pengembangan keterampilan untuk hidup dan bekerja sama pada kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan pengembangan keterampilan untuk mengontrol diri dan orang lain pada kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Mendeskripsikan pengembangan keterampilan untuk saling berinteraksi, saling bertukar pikiran, dan pengalaman pada kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Teknik penentuan informan penelitian digunakan purposive, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles, Huberman dan Saldana meliputi tiga langkah: kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pengembangan keterampilan untuk hidup dan bekerja sama pada kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra di MAN 2 Jember dilakukan melalui kegiatan program kunjungan yatim piatu, dan rapat formal anggota paskibra; 2) Pengembangan keterampilan untuk mengontrol diri dan orang lain pada kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra di MAN 2 Jember dilakukan melalui kegiatan diklat Paskibra yaitu diklat PDL (Pakaian Dinas Lapangan); 3) Pengembangan keterampilan untuk saling berinteraksi, saling bertukar pikiran, dan pengalaman pada kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra di MAN 2 Jember dilakukan melalui kegiatan latihan rutin Paskibra setiap hari Rabu dan Jum’at, dan kegiatan Latber SMANKAL (Latihan Bersama SMAN Kalisat).drasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:11
Last Modified: 03 Nov 2022 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14464

Actions (login required)

View Item View Item