adab pembelajaran perspektif KH Hasyim Asy’ari dalam kitab adabu al-alim wa almutaallim.

AHMADI, MUHAMMAD (2019) adab pembelajaran perspektif KH Hasyim Asy’ari dalam kitab adabu al-alim wa almutaallim. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MUHAMMAD AHMADI_084 148 022.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Adab pembelajaran KH Hasim Asy’ari dalam kitab adabu alalim wa almutaallim di kelompokkan menjadi, adab siswa terhadap diri sediri, adab siswa terhadap belajarnya, adab siswa terhadap guru, dan dari aspek guru adalah adab guru terhadap diri sendiri, adab guru terhadap siswanya, adab guru terhadap belajarnya dan pada bab terakhir adalah adab terhadap kitab. KH Hasim Asy’ari adalah tokoh pendidikan Islam yang sampai saat ini perlu di pertimbangkan konsep adab pembelajarannya, dengan konsep yang di tuangkan oleh beliau dalam sebuah karya yang di kenal dengan adabu al-alim wa al-mutaallim di tulis oleh beliau jauh sebelum dunia pendidikan berkembang pesat seperti sekarang namun demikian konsep adab pembelajaran beliau ini masih relevan dengan kurikulum pendidikan saat ini bahkan terdapat persamaan yang signifikan dengan kurikulum yang berbasis kompetensi sebagaimana di terapkan di dunia pendidikan Indonesia. Berdasarkan jenisnya, penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) yang bersifat deskriptif analitis di mana datanya diperoleh melalui sumber literatur, yaitu melalui riset kepustakaan. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah guru harus bisa menjadi motivator, fasilitator, dan mediator agar siswa mendapat pembelajaran yang menyenangkan, menyusun mata pelajaran dengan sistematik dari yang penting dan mudah ke mata pelajaran yang sifatnya pendukung dan sulit dan kesempurnaan seorang guru yang memiliki personal dekat dengan Tuhannya, menguasai dan mampu melaksanakan pembelajaran, menjunjung tinggi profesionalisme dan berperan aktif di lingkungan masyarakat. Oleh karena itu, dengan menjadi guru yang berkompeten tersebut, tujuan pendidikan akan tercapai sehingga bermunculan generasi penerus bangsa yang mempunyai kemampuan-kemampuan dalam bidangnya masingmasing dan terpenting adalah moral mereka yang semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:11
Last Modified: 03 Nov 2022 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14465

Actions (login required)

View Item View Item