Bimbingan Jam’iyah Muslimat Nahdlatul Ulama dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah di Desa Taman Agung kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi Tahun 2019

FAHRUN NISA, SABRIN (2020) Bimbingan Jam’iyah Muslimat Nahdlatul Ulama dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah di Desa Taman Agung kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi Tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SABRIN FAHRUN NISA_084141240.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Peranan Nahdlatul Ulama sebagai organisasi sosial keagamaan secara kultural memiliki posisi yang strategis dan sentral dalam kehidupan masyarakat. Posisi tersebut terkait dengan kedudukannya sebagai sebuah jam’iyah diniyah ijma’iyah yang memiliki tugas membina dan membangun sosial keagamaan masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat luas terlebih warga Nahdhatul Ulama tetap berpegag teguh pada aqidah dan nilai-nilai Islam. Dalam kontes penelitian ini, Jam’iyah Muslimat dapat menjadi sumber dalam meminta petunjuk dan bimbingan dalam upaya mewujudkan konsep keluarga sakinah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana bimbingan individu Jam’iyah Muslimat Nahdlatul Ulama dalam mewujudkan keluarga sakinah di Desa Taman Agung kecamatan Cluring Banyuwangi Tahun 2019? 2) bagaimana bimbingan kelompok Jam’iyah Muslimat Nahdlatul Ulama dalam mewujudkan keluarga sakinah di Desa Taman Agung kecamatan Cluring Banyuwangi Tahun 2019?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Jamiyah Muslimat pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (NU) tepatnya di Desa Taman Agung Kecamatan Cluring Banyuwangi. Subyek penelitian menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis deskriptif Miles dan Huberman yaitu: data condentation, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1) bimbingan individu Jam’iyah Muslimat Nahdlatul Ulama dalam mewujudkan keluarga sakinah dilaksanakan dalam dua bentuk layanan bimbingan yaitu: a), konsultasi dengan selalu menanamkan pengetahuan berdasarkan agama Islam serta ketentuan hukum perkawinan yang berlaku. Diharapkan dengan cara tersebut, dapat meningkatkan kualitas iman dan ketakwaan jamaah kepada Allah, meningkatkan kualitas amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi hamba yang senantiasa dekat dengan Allah (taqarrub ila al-Allah) dan hamba yang hidup secara damai dan tenang. b), kunjungan ke rumah. Keikhlasan ustad dalam menyediakan waktu senggangnya untuk berkunjung ke rumah anggota jamaah dalam rangka memberi layanan bimbingan yang bukan saja memberi pengetahuan akal jamaah, melainkan juga mencerdaskan nurani/qalb dengan meningkatkan kualitas iman dan ketakwaan kepada Allah. 2) bimbingan kelompok Jamiyah Muslimat Nahdlatul Ulama dalam mewujudkan keluarga sakinah dilakukan dengan cara ceramah dan tanya jawab. Bentuk bimbingan ceramah menjadi cara yang praktis dalam bimbingan kelompok, karena di samping permasalahan jumlah jamaah, materi yang diajarkan terlalu banyak, juga adanya tuntutan penanaman nilai-nilai materi yang diberikan. Sedangkan dalam tanya jawab adalah bentuk layanan bimbingan kelompok yang memberi kebebasan kepada jamaah untuk mengungkapkan segala permasalahannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:28
Last Modified: 03 Nov 2022 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14470

Actions (login required)

View Item View Item