Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbantuan Geogebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Koordinat di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020.

Arifin, Ubaydillah (2019) Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbantuan Geogebra terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Koordinat di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Ubaydillah Arifin_T20157023.pdf - Submitted Version

Download (11MB)

Abstract

Metode penemuan terbimbing dapat mengubah kondisi belajar yang pasif menjadi aktif dan kreatif. Metode ini lebih mengarahkan peserta didik untuk berfikir dan belajar menemukan pengetahuan sendiri, sehingga ketika peserta didik dihadapi dengan sebuah pertanyaan ia bisa menjawabnya, dan hasil belajar matematika siswapun jauh lebih baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020 sebelum dibelajarkan dengan metode penemuan terbimbing menggunakan LKS berbantuan geogebra; 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020 sesudah dibelajarkan dengan metode penemuan terbimbing menggunakan LKS berbantuan geogebra dan; 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat antara sebelum dan sesudah dibelajarkan dengan metode penemuan terbimbing menggunakan LKS berbantuan geogebra di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling, kelas eksperimen VIII A. Teknik pengumpulan data adalah tes, pretest untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sebelum diberikan perlakuan dan posttest untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sesudah diberikan perlakuan. Analisis data menggunakan paired sample t-test dengan uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020 sebelum dibelajarkan dengan metode penemuan terbimbing menggunakan LKS berbantuan geogebra pretest memiliki nilai ratarata 61,90; 2) Hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020 sesudah dibelajarkan dengan metode penemuan terbimbing menggunakan LKS berbantuan geogebra posttest memiliki nilai rata-rata 80,12 dan; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat antara sebelum dan sesudah dibelajarkan dengan metode penemuan terbimbing menggunakan LKS berbantuan geogebra di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji paired sample t-test pada taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung 8,869 > ttabel 2,048. Dari hasil pengujian yang diperoleh maka dapat dikatakan ada pengaruh metode penemuan terbimbing menggunakan lembar kerja siswa (LKS) berbantuan geogebra terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat di MTs Daru Mafatihil Ulum Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:28
Last Modified: 03 Nov 2022 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14471

Actions (login required)

View Item View Item